POLITIK BAHASA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG

  • EDO GALIH PERMADI

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia yang memiliki latar belakang sejarah yang begitu panjang. Berbagai bentuk peristiwa sejarah dan perjuangan para tokoh pergerakan di setiap masa mewarnai perkembangan bahasa nasional ini. Begitu pula pada masa pendudukan Jepang yang merupakan titik balik perkembangan bahasa Indonesia.

             Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk politik bahasa yang dijalankan oleh Jepang di Indonesia jika dilihat melalui teori Language Planning. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Langkah awal yaitu mengumpulkan sumber-sumber terkait tentang kebijakan politik bahasa yang dilakukan oleh Jepang, sumber primer didapat dari majalah Kanpo dan surat kabar yang terbit pada masa pendudukan Jepang. Sedangkan sumber sekunder didapat dari buku-buku, tesis dan jurnal online mengenai politik bahasa di masa pendudukan Jepang. Sumber yang telah dikumpulkan kemudian dipilah dan disusun untuk mempermudah penafsiran sumber sejarah. Selanjutnya dicari keterkaitan antara sumber – sumber primer dan sekunder yang sesuai dengan tema penelitian. Tahap terakhir adalah historiografi yang menjadi hasil rekonstruksi semua fakta sejarah sesuai dengan tema penulisan sejarah.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jepang memberlakukan politik bahasa di Indonesia dengan melarang penggunaan bahasa Belanda dan mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia serta menyebarkan bahasa Jepang. Politik bahasa yang dilakukan oleh Jepang tersebut termasuk kedalam kebijakan Language Planning. Jepang juga memanfaatkan bahasa daerah untuk menyebarkan bahasa Jepang dan memobilisasi masyarakat daerah yang tidak menguasai bahasa Indonesia. Tujuan Jepang memberlakukan politik bahasa yakni agar mempermudah Jepang dalam berkomunikasi dengan bangsa Indonesia yang memiliki bermacam – macam bahasa lokal dan menghilangkan pengaruh bahasa Belanda di Indonesia. Kebijakan Jepang ini membawa perubahan dalam perkembangan bahasa Indonesia. Politik bahasa pemerintah Jepang memperkuat kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan menggantikan kedudukan bahasa Belanda yang sebelumnya menjadi bahasa kelas sosial atas.

Kata Kunci: politik bahasa, Language Planning, masa pendudukan Jepang, bahasa Indonesia, bahasa Jepang, bahasa daerah

Published
2015-08-19
Abstract Views: 2503
PDF Downloads: 641