PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KD 2.3 KURIKULUM KTSP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-IIS SMA WIDYA DHARMA SURABAYA

  • YENNI OKTAVIANA

Abstract

Dalam proses pembelajaran di SMA Widya Dharma khususnya guru mata pelajaran sejarah masih menggunakan cara yang konvensional. Dampak yang ditimbulkan yaitu menurunnya minat siswa dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar. Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran adalah dengan pemilihan strategi, cara atau metode dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode tersebut pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes pemahaman materi yang diujikan disetiap kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan 2 kali pertemuan, data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuannya. Pertemuan 1 dalam pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil pengamatan aktivitas guru, peneliti mendapat 60% terlaksana dan tidak terlaksana sebesar 40%. Pada pertemuan 2, terlaksana sebesar 90% dan 10% tidak terlaksana. Selain itu pada pertemuan 1, kondisi belajar siswa mendapat predikat tidak baik = 75%, dan cukup = 25%. Pada pertemuan 2, kondisi belajar siswa mendapat predikat cukup = 25%, dan baik = 75%. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada saat mengerjakan soal Pre Test pada pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 21,05%. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada saat mengerjakan soal Post Test pada pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 52,63% dan sudah mencapai KKM pada soal Ulangan Harian mencapai 84,21%.


Kata Kunci : Metode pembelajaran kooperatif, NHT, meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2016-07-24
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 14