PENDEKATAN SISTEM AMONG PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMK TAMAN SISWA KEDIRI TAHUN 2006 –  2012/2013 DALAM DINAMIKA MODERNISASI

  • FIKRI FIRDIANSAH

Abstract

Sistem among merupakan cara medidik anak dengan dasar kemerdekaan dan kebebasan agar anak didik dapat tumbuh sesuai kodrat pribadinya. Sistem among patut dijadikan sebagai cara mendidik untuk menciptakan jiwa merdeka sehingga menjadikan siswa lebih berani belajar apa yang dikehendakinya. Era modernisasi kini sistem among masih digunakan pada proses pembelajaran di SMK Taman Siswa Kediri.

Masalah pengkajian meliputi (1) Pendekatan implementasi sistem among pada KTSP SMK Taman Siswa Kediri dan (2) bertahannya sistem among. Tujuan penelitian (1) mengetahui Implementasi sistem among pada KTSP SMK Taman Siswa Kediri. (2) mengetahui alasan bertahannya sistem among. Manfaat penelitian yakni mempertajam konsep among yang mulai terlupakan. Penulisan dengan metode penelitian sejarah dan observasi lansung. Tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Observasi dilakukan untuk pembuktian bahwa sistem among masih digunakan pada proses pembelajaran di SMK Taman Siswa Kediri.

Hasil penelitian yakni sistem among Ki Hadjar Dewantara masih bertahan dan digunakan dalam proses pembelajaran. Sistem among dapat diselaraskan dengan KTSP di SMK Taman Siswa Kediri. Komponen isi KTSP tidak semuanya dapat selaraskan dengan sistem among. Era modernisasi kini sistem among secara nyata dapat diaplikasikan pada proses pendidikan dengan penyelarasan pada KTSP tahun 2006-2012 tentunya dapat membuktikan bahwa warisan Ki Hadjar Dewantara masih bisa bertahan hingga kurun waktu yang lama dengan perkembangan zaman yang semakin maju.

 

Kata kunci: Sistem among, SMK Taman Siswa Kediri, modernisasi

Published
2013-08-27
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 727