PERJUANGAN BURUH PABRIK PT. CPS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI PADA TAHUN 1993: STUDI KASUS “MARSINAH”

  • DERRY ANGGRAENI PURWATININGSIH
  • DERRY ANGGRAENI PURWATININGSIH

Abstract

Abstrak

Kehidupan perekonomian Indonesia tidak terlepas dari industrialisasi. Hubungan industrialisasi di Indonesia diwarnai dengan perselisihan antara kelas pemilik modal dan kelas buruh. Perselisihan yang terjadi adalah masalah upah,  jaminan sosial dan fasilitas sosial. Perselisihan kelas pemilik  modal dan kelas buruh sering menimbulkan pemogokan kerja. Buruh melakukan aksi demonstrasi demi memperjuangkan haknya sebagai buruh pabrik. Aksi demonstrasi buruh pabrik menyebabkan dampak positif dan dampak negatif. Latar belakang tersebut menghasilkan rumusan masalah: 1). Apa yang melatarbelakangi Marsinah menjadi aktor pada aksi demonstrasi buruh pabrik PT. CPS?, 2). Apa hasil perjuangan Marsinah bagi kaum buruh PT. CPS?

Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahap heuristik dilakukan dengan menelusuri sumber dari koran, majalah, dan jurnal penelitian. Tahap kritik yaitu membandingkan tiap data yang diperoleh, tahap interpretasi untuk memperoleh fakta, dan tahap historiografi yaitu merekonstruksi peristiwa secara kronologis.

Penelitian ini berhasil mengidentifikasi perjuangan buruh pabrik PT. CPS yang memperjuangkan hak-haknya demi kesejahteraan hidupnya. Aktor yang muncul dari aksi demonstrasi adalah seorang karyawati yang bernama Marsinah. Marsinah memperjuangkan hak kaum buruh pabrik PT. CPS sampai Marsinah terbunuh dalam peristiwa tersebut. Hasil perjuangan Marsinah berdampak positif bagi kehidupan kaum buruh pabrik. Marsinah berhasil memperbaiki nasib kaum buruh pabrik.  Hasil perjuangan Marsinah mengenai tuntutan kenaikan upah dapat terealisasikan. Hak-hak buruh yang diperjuangkan dapat dirasakan olek karyawan buruh pada saat ini.

Kata Kunci: Buruh Pabrik, Marsinah.

Published
2014-08-21
Abstract Views: 330
PDF Downloads: 0