VALIDITAS DAN KETERLAKSANAAN LKS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM INDERA

  • INTAN YULIRISNAWATI

Abstract

Guided discovery merupakan suatu model untuk melatih siswa menemukan, menyelidiki sendiri secara aktif sehingga konsep yang diterima dapat bertahan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik materi sistem indera berdasarkan validitas dan keterlaksanaan LKS. Model pengembangan LKS yang digunakan yaitu R&D. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan pada Mei 2015 di SMAN 1 Madiun. Validitas dan kepraktisan ditentukan berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS mendapatkan skor rata-rata 3,64 dengan kategori sangat valid dan keterlaksanaan tahap-tahap kegiatan LKS mencapai 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik pada materi sistem indera berkategori layak.

Published
2016-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 58