PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

  • R KURAINI MASITHUSSY Jurusan Biologi, FMIPA-Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK- Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS berorientasi keterampilan proses dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, tingkat keterbacaan siswa, dan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berorientasi keterampilan proses. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-P (Four D-models) yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), sedangkan tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Tahap uji coba dilakukan di SMP Negeri 7 Bangkalan pada kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sesuai dengan telaah LKS, LKS berorientasi keterampilan proses yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS yang dilakukan dalam pertemuan I, II, dan III, telah mencapai/memperoleh rata-rata keterlaksanaan sebesar 97,62%. Tingkat keterbacaan LKS berorientasi keterampilan proses memperoleh rata-rata keseluruhan 83,1% yang menjawab “ya”, menunjukkan sebagian besar siswa berpendapat bahasa yang digunakan mudah dipahami dan penampilan LKS menarik. Ketuntasan hasil belajar produk sebesar 76,9% siswa tuntas dan 23,1% tidak tuntas, ketuntasan hasil belajar proses sebesar 73,1% siswa tuntas dan 26,9% tidak tuntas belajarnya.

Kata kunci : LKS, Keterampilan Proses, Sistem Pernapasan Manusia

Published
2012-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 656
PDF Downloads: 601