PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATERI BIOTEKLOGI DI KELAS XII SMA IPIEMS SURABAYA BERORIENTASI SAINS, TEKNOLOGI, LINGKUNGAN, DAN MASYARAKAT (SETS)

  • ELINA SHOFIYATUL MILLAH Jurusan biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan IPA diharapkan dapat memberi bekal kepada peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu bersifat arif dan bijaksana dalam menyikapi permasalahan yang ada. Oleh karena itu dibutuhkan buku ajar yang dapat menunjang belajar siswa dan dirancang agar siswa dapat berpikir tinggi dalam memecahkan masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari serta penerapannya dalam masyarakat dan lingkungan serta dapat memberi bekal kecakapan hidup (life skill) siswa. Salah satu pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut ialah pendekatan SETS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat). Pendekatan SETS akan membimbing peserta didik untuk berpikir dan bertindak lokal maupun global dalam memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari–hari dengan mengaitkan secara timbal balik unsur-unsur sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar biologi berorientasi SETS pada materi bioteknologi yang layak secara teoritis dan empiris, mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran biologi menggunakan buku ajar yang dikembangkan dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada pengembangan perangkat  Four-D models dan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diuji cobakan secara terbatas pada 20 siswa SMA IPIEMS Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata persentase telaah  dosen dan guru Biologi berdasarkan kriteria komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian dan komponen SETS secara berturut-turut sebeasar 91,37%, 90,03%, 92,39%, dan 91,98%. Persentase respon keterbacaan siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran berturut-turut sebesar 91,92% dan 93%. Ditinjau dari tes hasil belajar semua siswa dikatakan tuntas, sedangkan ditinjau dari ketuntasan tujuan pembelajaran ada 2 tujuan pembelajaran yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan, bahwa buku ajar materi bioteknologi berorientasi SETS yang dikembangkan layak digunakan baik secara secara teoritis maupun empiris.

Kata Kunci: Buku ajar berorientasi SETS, Sains, Lingkungan, Teknologi dan  Masyarakat.

Published
2012-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 551
PDF Downloads: 637