PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

  • USLIFATUN MUSFIROH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul berorientasi guided discovery pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA, dan mendeskripsikan kelayakannya ditinjau dari aspek isi, penyajian, dan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan dua tahapan penelitian yaitu tahap validasi teoritik dan validasi empirik. Sumber data diperoleh dari dua dosen Biologi, satu guru Biologi, dan 20 siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan tiga modul yaitu modul 1 tentang komponen sistem peredaran darah, modul 2 tentang alat peredaran darah, dan modul 3 tentang proses dan kelainan/penyakit dalam sistem peredaran darah. Secara validitas teoritik, ketiga modul yang dikembangkan sangat layak, dan berdasarkan validitas empirik ketiga modul direspon baik oleh siswa.

 

Kata kunci: modul, guided discovery, sistem peredaran darah.
Published
2012-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 1460
PDF Downloads: 1149