Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Keanekaragaman Hayati

  • EKA FAIZATIN NURICHAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasul telaah, hasil belajar dan respon siswa terhadap LKS. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yang dikembangan dengan model pengembangan instruksional oleh Fenrich. Instrumen penelitian terdiri atas lembar telaah, lembar tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga LKS yang dikembangkan memperoleh kategori sangat baik pada setiap aspek yang dikembangkan. Ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5%, hal ini mengindikasikan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa baik. Respon positif siswa terhadap LKS adalah baik dengan persentase 93,13%.

Kata kunci: lembar kegiatan siswa; berpikir kritis; keanekaragaman hayati.
Published
2012-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 1024
PDF Downloads: 1034