HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SEMANGAT KERJA DALAM BERORGANISASI PADA PENGURUS OSIS SMA

  • NIA WIDA MEGAWATI

Abstract

 

 Abstrak 

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah salah satu organisasi kesiswaan di tingkat SMP dan SMA yang mendapatkan perhatian dari pemerintah karena merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. OSIS diurus dan dikelola oleh para siswa terpilih untuk kemudian menjadi pengurus OSIS. Pengurus OSIS adalah motor penggerak dan penentu segala aktivitas OSIS dan diharapkan mempunyai semangat kerja yang tinggi. Guna mewujudkan hal tersebut, pengurus OSIS membutuhkan dukungan sosial dari orang-orang di sekitarnya untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas di OSIS dengan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan semangat kerja dalam berorganisasi pada pengurus OSIS SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 37 pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gedangan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah skala dukungan sosial dan skala semangat kerja dalam berorganisasi yang disusun menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dengan taraf kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,795 (r = 0,795) dengan taraf signifikansi 0,000 (p = 0,000). Hasil tersebut membuktikan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial dan semangat kerja dalam berorganisasi. Semakin tinggi dukungan sosial yang diterima oleh pengurus OSIS, maka semakin tinggi pula semangat kerja dalam berorganisasinya, begitu pula sebaliknya. 

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Semangat Kerja Dalam Berorganisasi, Pengurus OSIS SMA 

Abstract 

OSIS (Inter-School Student Organization) is one of student organizations which much get attention from government because its important roles in developing students, especially social skills. OSIS was administered and managed by the selected students to be OSIS organizers. OSIS organizers was the driving force and the determiner of all OSIS activities and they were expected to have high morale. To achieve this goal, OSIS organizers need social support from the people around them to be better in completing their tasks. The purpose of this study was to determine the relationship between social support and organizational morale on senior high school OSIS organizers. This study used quantitative research methods. The subjects in this study were thirty-seven Senior High School 1 Gedangan OSIS organizers. Data were collected using the social support and the organizational morale scales that were compiled using likert scale and analyzed using product moment. The researcher of this study used a 5% error level in the analysis. The result of data analysis showed a correlation coefficient value of 0.795 (r = 0.795) with a significance level of 0.000 (p = 0.000). This result indicated that there is a relationship between relationship between social support and organizational morale on senior high school OSIS organizers. Thus, the higher social support received by OSIS organizers, they will have higher organizational morale too, and vice versa. 

Keywords: Social Support, Organizational Morale, Senior High School OSIS Organizers 

Published
2015-02-05
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 514