HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG SEKS DAN PENGETAHUAN AGAMA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

  • ANGGITA KARLIA A

Abstract

Abstract : The purpose of this study is to find out the relationship between perception sex, religion awareness and tendency of sexual behavior in adolescence. The relationship in this research is multiple regression relationship. This study was used quantitative research method. The data were taken from SMAN 1 Cerme Gresik students, XI class. Researcher perception sex, religion awareness and tendency of sexual behavior among 50 student who were gotten by purposive sampling technique. Multiple regression analysis was conducted to examine the relationship between perception sex, religion awareness and tendency of sexual behavior, perception sex and tendency of sexual behavior, religion awareness and tendency of sexual behavior. The result showed that there are significant negative correlation between perceptions about sex and religious knowledge with trend of sexual behavior.

Key words: Perception Sex, Religion Awareness, Tendency Of Sexual Behavior, Adolescence.

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang seks dan pengetahuan agama dengan kecenderungan perilaku seksual. Hubungan yang dipakai dalam penelitian ini adalah hubungan regresi berganda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data diambil dari siswa SMA Negeri 1 Cerme Gresik, yang duduk di kelas XI. Peneliti mengukur persepsi tentang seks, pengetahuan agama dan kecenderungan perilaku seksual pada 50 siswa yang telah terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dilakukan analisis regresi berganda untuk menguji hubungan antara persepsi tentang seks dan pengetahuan agama dengan kecenderungan perilaku seksual, persepsi tentang seks dengan kecenderungan perilaku seksual, dan pengetahuan agama dengan kecenderungan perilaku seksual. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan negatif antara persepsi tentang seks dan pengetahuan agama dengan kecenderungan perilaku seksual.

Kata kunci : Persepsi Tentang Seks, Pengetahuan Agama, Kecenderungan Perilaku Seksual, dan remaja.

Published
2013-02-04
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 67