HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN HARGA DIRI DENGAN KONSEP DIRI PADA KOMUNITAS HIJABERS SURABAYA

  • RENNI OKTAVIANTI

Abstract

Abstrak

Terbentuknya komunitas hijabers menunjukan wanita muslim jaman sekarang lebih mandiri dan juga dapat meraih sejumlah prestasi sehingga wanita muslim dapat dikatakan memiliki konsep diri yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan harga diri dengan konsep diri pada komunitas Hijabers Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling insidentil, jumlah sampel penelitian 100 orang dari jumlah populasi 1000 orang.Terdapat dua variabel bebasyaitu religiusitas (X1) dan harga diri (X2)serta satu variabel terikat yaitu konsep diri (Y).Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala untuk mengungkap religiusitas, harga diri dan konsep diri. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis regresi. Hasil analisis data penelitian pada variabel religiusitas dengan konsep diridiperoleh nilai signifikansi sebesar 0,916 dan nilai korelasi sebesar 0,810 menunjukan bahwa religiusitas tidak memberikan kontribusi terhadap konsep diri dikarenakan hasil signifikansi yang lebih dari 0,05. Pada variabel harga diri dan konsep diri diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,810, hasil R2 yang menunjukan bahwa nilai kontribusi sebesar 65,5%. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel religiusitas (X1) dan harga diri (X2)secara bersama-sama tidak dapat mempengaruhi variabel Y yaitu konsep diri pada komunitas Hijabers Surabaya.

Kata Kunci:Religiusitas, Harga Diri, Konsep Diri

Abstract

The formation of Hijabers community shows that Muslim women today are more independent and also can achieve some achievement,therefore they are called as the person who have good self concept. This research is to find the relationship between religiosity and self-esteem with self concept for the Surabaya Hijabers Community. This research is a quantitative research, the sample in this research is done by using incidental sampling technique. There are 100 person become the subject of this research. The population is 1000 person. There are two independent variables.There are religiosity (X1) and self-esteem (X2). Self-concept (Y) is the only dependent variables. The data collecting method used is the scale. That is to explore the religiosity, self-esteem and self-concept. The data is analyzed by using regression analysis method. The result of the data analysis on religiosity variable and the self concept gets the significant score of 0,916 and the correlation score of 0,810. It shows that religiosity do not contribute for the self-concept because the significant result is more than 0,05. For the self-esteem variable and self concept, the significant score is 0,000.Therefore both variables have significant relation with the correlation score of 0,810, The result of R2shows that the contribution score is 65,5%. It shows that the religiosity variables (X1)and self-esteem (X2) cannot influence the variable Y, that is self concept of Surabaya Hijabers Community.

Published
2014-02-11
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 35