NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SASTRA ANAK PÜNKTCHEN UND ANTON KARYA ERICH KÄSTNER

  • FIERDA OCTIARA PUTERI

Abstract

Sastra adalah sebuah karya yang memiliki dampak baik bagi pembentukan karakter seorag individu karena karya sastra menurut Horace memiliki fungsi selain untuk hiburan juga untuk sarana pendidikan. Sebagai sarana pendidikan sastra mengajarkan pada para pembacanya tentang pendidikan karakter, terutama pada sastra anak. Pada novel Pünktchen und Anton karya Erich Kästner terdapat hal-hal baik maupun buruk yang memuat nilai-nilai dalam mengembangkan karakter diri pembacanya ke arah yang lebih baik. Selain itu novel tersebut juga memuat hakikat dan fungsi sastra anak. Hal-hal tersebut yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Dari latar belakang yang telah dipaparkan maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu (1) nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung di dalam novel „Pünktchen und Anton“ karya Erich Kästner? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel „Pünktchen und Anton“ karya Erich Kästner. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan didaktis serta menggunakan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan adalah novel sastra anak „Pünktchen und Anton“ karya Erich Kästner. Data pada penelitian ini adalah berupa kata, frasa, atau kalimat yang menunjukkan adanya nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel „Pünktchen und Anton“  mengandung hal-hal baik dan buruk yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter kebijaksanaan, keadilan, ketabahan, pengendalian diri, kasih sayang, sikap positif, kerja keras, ketulusan hati, selalu berterima kasih, dan kerendahan hati. Nilai-nilai karakter tersebut ditemukan melalui penyampaian secara langsung dari pengarang dan atau secara tidak langsung (tingkah laku tokoh, peristiwa, cerita, latar, dan konflik).

Kata Kunci:sastra anak, pendidikan karakter, Erich Kästner.

Published
2015-07-01
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 115