SATIRE DALAM DONGENG “LIBERTAS UND IHRE FREIER” KARYA JOSEPH VON EICHENDORFF

  • OCTA RISKIANA DIAR RESTI

Abstract

Kata Kunci : Revolusi 1848, Satire, Tokoh, Dongeng.

                   Sastra adalah institusi sosial yang memakai medium bahasa sebagai cerminan dan ekspresi hidup, yang “menyajikan kehidupan”, dan “kehidupan” sebagian besar terdiri dari kenyataan sosial, karena sastra “meniru” alam dan dunia subjektif manusia. Suatu karya sastra yang memiliki kehebatan nilai artistik adalah karya sastra yang memiliki sifat “mewakili zaman” dan “kebenaran sosial. Oleh karena itu terdapat karya sastra yang mengangkat permasalahan sosial maupun politik, seperti dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff yang ditulis pada tahun 1849. Dongeng tersebut satire terhadap peristiwa Revolusi 1848 yang digambarkan melalui tokoh-tokohnya. Oleh karena itu penulis mengangkat kajian satire dalam dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff.

                   Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan sebuah permaasalahan yaitu : 1) Unsur satire apa sajakah yang terdapat dalam dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur satire yang terdapat dalam dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff.

                   Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff. Data-data yang diambil berupa kata, frasa, kalimat, paragraf dan percakapan yang mengandung unsur satire dari dongeng “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff.

                   Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur satire yang terdapat dalam dongeng  “Libertas und ihre Freier” karya Joseph von Eichendorff  berupa ironi, humor, parodi, dan alegori.

Published
2015-07-01
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 137