TAFSIR MIMPI ALBERTINE DALAM NOVEL TRAUMNOVELLE KARYA ARTHUR SCHNITZLER

  • ROSDIANA

Abstract

Abstrak
Penelitian tentang mimpi dalam karya sastra ini mengacu pada tiga rumusan masalah, yaitu apa sumber mimpi tokoh Albertine dalam novel Traumnovelle karya Arthur Schnitzler, bagaimana bentuk pemenuhan hasrat yang muncul dalam mimpi tersebut dan bagaimana pengaruh mimpi tersebut terhadap Albertine. Berdasarkan tiga rumusan masalah di atas, bisa disimpulkan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber mimpi Albertine, bentuk pemenuhan hasrat di dalam mimpi dan pengaruh mimpi tersebut terhadap Albertine.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber datanya adalah novel Traumnovelle karya Arthur Schnitzler. Data yang hendak diperoleh berupa kata, frasa, kalimat dan paragraf yang menceritakan tentang mimpi Albertine. Data ini diperoleh melalui teknik studi dokumen dan teknik catat.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mimpi Albertine berasal dari sumber psikologis. Sumber psikologis adalah pengalaman-pengalaman yang telah dialami oleh Albertine.Pemenuhan hasrat juga muncul di dalam mimpi ini, contohnya adalah saat suami Albertine, Fridolin menunjukkan kesetiaanya pada Albertine. Pengaruh mimpi tersebut terhadap Albertine adalah mimpi itu membuat Albertine percaya pada suaminya dan sadar bahwa suaminya mencintainya. Sehingga perilaku Albertine berubah dari yang awalnya curiga pada suaminya menjadi menyayangi suaminya kembali dan mereka melanjutkan hidup sebagai sepasang suami istri. Jadi, mimpi dalam novel ini menjadi penyebab terjadinya perilaku tokoh Albertine.
Kata kunci : psikoanalisis, tafsir mimpi, novel.

Published
2015-10-30
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 84