| www.unesa.ac.id | e-journal.unesa.ac.id Download Template EJournal

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231
T: (031) 8280009,8280383,8280675 F: (031) 8280804

KAMPUS LIDAH WETAN

Jl. Lidah Wetan, Surabaya
T: (031) 7532160 F: (031) 7532112
info@unesa.ac.id

e-Journal Unesa


e-Journal Unesa  merupakan jurnal elektronik civitas akademik Universitas Negeri Surabaya. Pengorganisasian jurnal didasarkan pada keanekaragaman bidang ilmu yang ada di Unesa, diantaranya :

Jurnal Rekayasa Mesin

Jurnal Online prodi D3 Teknik Mesin Unesa

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Online Program Studi Teknik Mesin FT Unesa

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Online Sang Guru

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan IPS

Jurnal Online Program Studi S-2 Pendidikan Ips - Pasca Sarjana UNESA

Jurnal ini terbit tiga kali setahun, berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran IPS.

Penanggung Jawab :

Kaprodi S-2 Pendidikan IPS: Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Penyunting Ahli:

  1. Dr. Harmanto, M.Pd
  2. Prof. Dr. Sarmini, M.Hum
  3. Prof. Dr. Warsono, MS
  4. Dr. Ketut Prasetyo, MS
  5. Prof. Dr. Aminuddin Kasdi, MS
  6. Prof. Dr. Ali Haidar, MA
  7. Dr. Nugroho Hari Purnomo, M.Si
  8. Dr. M. Jacky, M.Si

E-Journal Redaksi:

Lukman Ramdhani Firmansyah

Ahmad Imam Khairi

Wahyu Furqondari

Alamat Redaktur:

Prodi S-2 Pendidikan IPS Pascasarjana UNESA

Jl. Ketintang, Surabaya

Telp. (031-8293484)

�

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi - Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA, Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel dari mahasiswa yang berisi hasil penelitian dibidang pendidikan jasmani dan olahraga

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Prestasi Olahraga

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Kesehatan Olahraga

Jurnal Online Program Studi S-1 Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Manajemen Informatika

Jurnal Manajemen Informatika

Jurnal Manajemen Informatika adalah jurnal online yang menyajikan artkel dan hasil penelitian yang meliputi kajian tentang Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi dan Telematika. Jurnal ini ditujukan tidak hanya untuk kalangan internal saja tetapi terbuka bagi semua peneliti, akademisi dan profesional.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Teknik Elektro

Jurnal Online Program Studi S-1 Teknik Elektro - Fakultas Teknik UNESA

ISSN : 2252-5017

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Sapala

Jurnal berkala ilmiah mahasiswa yang diterbitkan oleh Prodi Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Unesa. Jurnal ini berisikan publikasi kesastraan dan kebahasaan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan Sendratasik

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Solah

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

GoKen

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA Bidang Kajian Linguistik Jepang

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

SAZANAMI

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA Bidang Kajian Sastra Jepang

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

RETAIN

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

JURNAL AKUNTANSI UNESA

Jurnal Online Program Studi S-1 Akuntansi - Fakultas Ekonomi UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP)

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan, dan studi pengembangan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang ilmu Ekonomi. Dalam situs Jurnal ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF. Jurnal JPAP terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)

Jurnal Online Program Studi S-1 Manajemen - Fakultas Ekonomi UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ini merupakan jurnal online Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ini mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa di bidang Pendidikan Tata Niaga yang tersusun dalam format PDF. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)ini, terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan, studi Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi Pembangunan. Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang ilmu Ekonomi. Dalam situs Jurnal ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF. Jurnal JUPE terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa di bidang Pendidikan Akuntansi berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan, studi Pendidikan Akuntansi. Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang ilmu Pendidikan Akuntansi. Dalam situs Jurnal ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF. Jurnal JPAK terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

PENDIDIKAN VOKASI:TEORI DAN PRAKTIK

Jurnal Online Program Studi S-2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan - Pasca Sarjana UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Tata Rias

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Tata Rias - Fakultas Teknik UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Tata Busana

Jurnal S1 Pendidikan Tata Busana berisi hasil penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana baik di bidang pendidikan maupun non kependidikan sebagai salah satu syarat pengakuan kelulusan.

Pelindung: Dekan FT Unesa, Penanggung Jawab:Irma Russanti, S.Pd., M.Ds., Penyunting Pelaksana: Dosen Pembimbing Skripsi Tata Busana, Administrasi: Yuyun Irawati, S.Pd.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Tata Boga

Jurnal Online Program Studi S1 Tata Boga - Fakultas Teknik UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Rekayasa Teknik Sipil

Jurnal REKATS mempublikasikan hasil penelitian ilmiah dosen, mahasiswa, dan peneliti di bidang Ilmu Teknik Sipil berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan, dan studi pengembangan Ilmu Teknik Sipil. Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang ilmu Teknik Sipil. Dalam situs Jurnal ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF dan Doc. Jurnal REKATS terbit secara berkala setiap bulan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan

Jurnal JKPTB merupakan kumpulan dokumentasi informasi mengenai berbagai macam mata kuliah dan mata pelajaran, diskusi pendidikan, temuan penelitian dan penyebaran pemikiran. Jurnal ini bermanfaat sebagai bahan pengajaran dan bahan belajar untuk siswa dan mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir,laporan akhir, skripsi, refarat dan berbagai macam tugas-tugas dalam perkuliahan.

Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang pendidikan. Dalam situs Jurnal Pendidikan ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF dan Doc.

View Journal | Current Issue | Register

jptm unesa

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JPTM) merupakan jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UNESA. Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel dari mahasiswa dan dosen yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain dibidang pendidikan teknik mesin

View Journal | Current Issue | Register

JPTE (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) mempublikasikan hasil penelitian ilmiah dosen, mahasiswa dan peneliti di Bidang Ilmu Pendidikan Teknik Elektro berupa penelitian dasar, perencanaan dan perancangan. JPTE terbit secara berkala empat bulanan (Januari,

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

Jurnal Online Pendidikan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

JURNAL NOVUM

Jurnal novum memuat tulisan-tulisan ilmiah baik hasil-hasil penelitian maupun artikel dalam bidang ilmu hukum, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara dan bidang-bidang hukum lainnya. Jurnal Novum terbit empat bulan sekali.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Publika

Jurnal Online Program Studi S-1 Ilmu Administrasi Negara - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Kajian Moral dan Kewarganegaraan

Kajian Moral dan Kewarganegaraan ini merupakan jurnal online yang diterbitkan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganeganaan (PPKn) Jurusan PMP-KN Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNESA. Jurnal yang terbit empat bulan sekali ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan, sosial, humaniora, moral, dan kewarganegaraan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Swara Bhumi

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi Mata Pelajaran Geografi

Kelas X SMAN 1 Sumberrejo Tahun Ajaran 2013/2014

Â

Rosi Wulandani

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, cy_ladiez@yahoo.co.id

Drs. PC. Subyantoro, M.Kes

Dosen Pembimbing Mahasiswa

Â

Abstrak

Pembelajaran geografi khususnya Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi di SMAN 1 Sumberrejo, masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional berupa metode ceramah. Hal tersebut didukung dengan pernyataan guru pengajar geografi kelas X �Drs. Ubaid Rasyidi� bahwa hasil post-test siswa kelas X pada Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi 75% tidak tuntas. Dari masalah tersebut, penelitian ini mengambil tema penelitian penerapan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antara nilai pre-test dan post-test setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan nilai kognitif antara pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional, dan mengetahui perbedaan nilai afektif antara pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini dilakukan di kelas X-6 dan X-9 SMAN 1 Sumberrejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Namun nilai pre-test dan post-test lebih tinggi di kelas kontrol. Kondisi demikian dipicu oleh beberapa faktor yaitu waktu yang diberikan saat kegiatan belajar mengajar tidak sesuai jadwal dan  adanya perbedaan karakteristik antara mata pelajaran geografi dan matematika. Pada nilai kognitif melalui Uji-T didapat hasil bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai kognitif kelas X-9 dan X-6 meskipun secara rata-rata nilai kognitif di kelas kontrol lebih tinggi. Hal tersebut penyebabnya juga sama seperti saat kondisi pre-test dan post-test. Sedangkan pada nilai afektif, di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata efektif lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol, kondisi demikian dipicu karena minat siswa terhadap materi, penilaian siswa tentang guru saat mengajar, dan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran yang digunakan. Saran, sebaiknya dalam penggunaan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Pendekatan Pembelajaran Konvensional

Abstract

Geography learning in particulary basic competence of earth formation history in SMAN 1 Sumberrejo, still using coventional learning approach form of a lecture. This is supported by the statement of geography teachers of class X �Drs.Ubaid Rasyidi� that post-test results of class X on basic competence of earth formation history is not complete with minimum score is 75%. From this problems, this research takes theme implementation of Realistic Mathemathics Education approach. Aims of this research is to know differencess of pretest and post-test score, cognitive and affective score after learning implementation of Realistic Matemathics Education approach and conventional learning. This research uses a Quasi- Experimental Design. This research was conducted in class X-6 and X-9 SMAN 1 Sumberrejo . Data collection techniques using questionnaires, observation, documentation, interviews, and testing methods . Data analysis technique uses SPSS 16 for windows. Results of this study indicate that there are differences in score of pretest and post-test in experimental class and control class. Pre-test score is higher than post-test score in control class. This condition is influenced by score factor such us, time given is different with schedule and differences characteristic between geography and mathematics subject. Cognitive score based on T-test is gotten that there is no significant differences between cognitive score in X-9 and X-6 classes althought cognitive average score of control class is higher. This condition is caused by same condition in pre-test and post-test in affective. Score in experiment class has higher average score than control class. This condition is influence by student interest in materi, student assesment in teacher skill and student respond in learning approach used. This suggestion is in implementation of Realistic Mathematics Education approach must be suitable with subject characteristic.

Keywords: Student Results, Realistic Mathematics Education Learning Approach (PMR), Conventional Learning Approach

 

Â


PENDAHULUAN

Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bersama ilmu sejarah, ekonomi, dan sosiologi. IPS memiliki karakteristik yang sangat berhubungan dengan masyarakat, yang memiliki tujuan untuk membekali manusia sebagai makhluk sosial agar dapat berinteraksi dengan sesama, dapat memecahkan masalah dalam kehidupannya, dan dapat saling melengkapi antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Posisi geografi sebagai cabang dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang fenomena di permukaan bumi, yang tentu berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Hal ini sesuai dengan pengertian geografi secara harfiah yang berasal dari dua suku kata, yaitu geo adalah bumi dan graphien adalah gambaran, sehingga geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fenomena permukaan bumi.

Berdasarkan hasil semlok (seminar dan lokakarya) Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang tahun 1988 (dalam Sukma, 2012: 81) mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Dari pengertian tersebut sangat jelas bahwa geografi mempelajari tentang fenomena geosfer. Dengan demikian dalam mempelajari geografi di sekolah memiliki lingkup materi yang luas yang terdiri dari keterkaitan antara lingkungan fisik dan sosial.

Materi pelajaran geografi yang demikian kompleks, menuntut guru (pendidik) untuk tidak hanya mengajarkan geografi secara abstrak, tetapi mengajarkan secara nyata yang bisa dibayangkan/diimajinasikan oleh siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang realistik. Berdasarkan hasil temuan di SMAN 1 Sumberrejo melalui wawancara dan pengamatan langsung pada mata pelajaran geografi saat PPL II tanggal 16 Juli 2013, menyatakan bahwa siswa merasa tidak suka terhadap mata pelajaran geografi karena mereka menganggap geografi merupakan disiplin ilmu yang bersifat hafalan, monoton, dan membosankan. Berdasarkan pengamatan secara langsung guru pengajar geografi selalu menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional berupa metode ceramah. Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan guru pengajar geografi kelas X �Drs. Ubaid Rasyidi� bahwa hasil post-test siswa kelas X pada Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi 75% tidak tuntas atau di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Hal ini menjadi dasar untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang bersifat realistik untuk mengatasi permasalahan di atas. Pemilihan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), dilandaskan pada pemikiran bahwa pendekatan ini merupakan pendekatan pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan atau pembelajaran secara nyata. Dalam buku Pendidikan Matematika Realistik (Ariyadi, 2011: 21) menyatakan, proses belajar siswa hanya akan terjadi jika pengetahuan (Knowledge) yang dipelajari bermakna bagi siswa (Freudenthal, 1991). Suatu pengetahuan akan menjadi bermakna bagi siswa jika proses pembelajaran dilaksanakan dalam suatu konteks (CORD, 1999) atau pembelajaran menggunakan permasalahan realistik. Suatu masalah realistik tidak harus selalu berupa masalah yang ada di dunia nyata (real world problem) dan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Suatu cerita rekaan, permainan, atau bahkan bentuk formal disiplin ilmu bisa digunakan sebagai masalah realistik.

Menurut Soedjadi (2001:2), �PMR adalah pemanfaatan realitas yaitu hal-hal yang nyata atau konkrit dan dapat diamati secara langsung sesuai dengan lingkungan tempat siswa berada�.

Dengan demikian, dalam pembelajaran PMR tidak dapat mengesampingkan lingkungan siswa, pengalaman-pengalaman siswa dalam kehidupannya. Guru harus mampu memotivasi siswa agar aktif dalam proses belajar. Upaya mengaktifkan siswa dapat diwujudkan dengan cara mengoptimalkan keikutsertaan unsur-unsur proses belajar dan mengoptimalkan keikutsertaan minat siswa. Pengoptimalan seluruh minat siswa sangat terkait dengan bagaimana siswa merespon setiap persoalan yang dimunculkan guru dalam kelas, baik respon secara lisan, tertulis, ataupun bentuk-bentuk representasi lain secara demonstrasi. Selain itu mengoptimalkan seluruh minat siswa juga diperlukan komunitas matematika yang kondusif, dalam arti bahwa lingkungan belajar harus mampu membangkitkan setiap siswa untuk berpartipasi aktif.

Hasil belajar geografi dalam penelitian ini yaitu pada ranah kognitif dan afektif, dimana ranah kognitif tersebut diambil dari nilai post-test siswa, sedangkan ranah afektif diambil dari penilaian sikap atau perilaku siswa saat proses belajar-mengajar. Pengaruh atau hubungan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar dalam penelitian ini yaitu saat proses belajar-mengajar melalui penerapan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) ini akan memberi pengaruh terhadap transfer materi terhadap siswa, karena pendekatan pembelajaran ini bersifat realistik atau pendekatan pembelajaran yang menciptakan suatu proses belajar-mengajar yang dapat diimajinasi oleh siswa, sehingga tidak tergambar secara abstrak dalam pemahaman siswa. Hal tersebut sesuai dengan yang dinyatakan oleh Wijaya dalam buku Pendidikan Matematika Realistik (2011: 21) bahwa, suatu masalah realistik tidak harus selalu berupa masalah yang ada di dunia nyata (real world problem) dan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Suatu masalah disebut �realistik� jika masalah tersebut dapat dibayangkan (imagineable) atau nyata (real) dalam pikiran siswa. Suatu cerita rekaan, permainan atau bahkan bentuk formal matematika bisa digunakan sebagai masalah realistik. Penggunaan permasalahan realistik (sering juga disebut sebagai context problems) dalam Pendidikan Matematika Realistik memiliki posisi yang jauh berbeda dengan penggunaan permasalahan realistik dalam pendekatan mekanistik.

Dalam Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi dibutuhkan pembelajaran yang bersifat realistik. Jadi dalam penelitian ini menguji coba apakah pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) juga cocok digunakan dalam pembelajaran geografi.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antara nilai pre-test dan post-test setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan nilai kognitif antara pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional, dan mengetahui perbedaan nilai afektif antara pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional.

Penelitian ini diajukan dengan memiliki asumsi yang dianggap penting diungkap dan menjadi dasar pemikiran pengkajian, yaitu memiliki persamaan karakteristik mata pelajaran matematika dan mata pelajaran geografi. Mata pelajaran matematika tidak bisa serta merta diajarkan pada siswa secara abstrak butuh penjabaran secara realita, ada keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Begitu pula pada mata pelajaran geografi tidak bisa serta merta hanya diceritakan secara abstrak butuh penjabaran secara realita, karena geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan, sehingga berasumsi bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dianggap juga dapat diterapkan pada mata pelajaran geografi.

Â

METODE PENELITIAN

Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 1 Sumberrejo pada semester ganjil tahun ajaran 2013-2014 selama 4 minggu, yaitu pada tanggal 6 November 2013, 12 November 2013, 19 November 2013, 26 November 2013, dan 30 November 2013. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design, karena membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan perlakuan yang berbeda pada tiap kelas yang bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pandekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada materi Sejarah Pembentukan Bumi Kelas X di SMAN 1 Sumberrejo.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sumberrejo, memakai 2 kelas yang dipilih yaitu kelas X-9 dengan jumlah siswa 28 siswa dan kelas X-6 dengan jumlah siswa 28 siswa. Pengambilan subyek ini dilakukan dengan cara melakukan pre-test pada kelas X-1 sampai X-9, lalu dua kelas yang memiliki karakteristik nilai pre-test yang sama di ambil menjadi subyek penelitian.

Tabel 1: Rincian Jumlah Siswa dalam Penelitian

No

Kelas

Jumlah Siswa

Jumlah Seluruh Siswa

Laki-laki

Perempuan

1.

X-9

8

20

28

2.

X-6

9

19

28

Jumlah

56

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Â

Gambar 1: Desain Penelitian

Â

Keterangan:

X1 : Pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) kelas X-9

X2 :   Pendekatan pembelajaran konvensional kelas X-6

01 : Pre-test (tes awal yang diberikan sebelum siswa menerima perlakuan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik)

02 : Post test (tes akhir yang diberikan setelah siswa menerima perlakuan pembelajaran dengan   pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik)

03 : Pre-test (tes awal yang diberikan sebelum siswa menerima perlakuan  pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional)

04 : Post test (tes akhir yang diberikan setelah siswa menerima perlakuan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional)

 

Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16 For Windows yaitu Uji- T Independent Samples Test dan Uji-T Paired Samples Test. Data yang diperoleh dari hasil penelitan ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data hasil penilaian dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata dan persentase.

1.     Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) menggunakan �Uji-T Paired Sample Test� (SPSS for windows) nilai diambil dari hasil pre-test dan post-test pada kelas X-9.

2.     Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada pendekatan pembelajaran konvensional menggunakan �Uji-T Paired Sample Test� (SPSS for windows) nilai diambil dari hasil pre-test dan post-test pada kelas X-6.

3.     Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pendekatan  pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional pada ranah kognitif menggunakan "Uji- T Independent Sample Test" (SPSS for windows), nilai diambil dari hasil post-test pada Kelas X-9 dan X-6.

4.     Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pendekatan pembelajaran konvensional pada ranah afektif menggunakan �Uji-T Independent Sample Test� (SPSS for windows), nilai diambil dari hasil skoring pada penilaian sikap dikonversikan menjadi nilai afektif.

Â

HASIL PENELITIAN

Gambaran Umum Lokasi Penelitian

SMAN 1 Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro terletak di wilayah yang strategis, mudah dijangkau dengan sarana transportasi umum, baik dari arah Surabaya maupun Bojonegoro. Tepatnya di Jalan Raya No.131 Sumberrejo-Bojonegoro. Sekolah ini berjarak +2 Km dari pusat Kota Kecamatan Sumberrejo, dari arah Surabaya berjarak +96 Km, dan dari arah Bojonegoro +18 Km. SMAN 1 Sumberrejo merupakan sekolah yang berstatus negeri terakreditasi A (unggul). Jumlah guru bidang studi yang mengajar di SMAN 1 Sumberrejo hingga saat ini adalah 52 guru dan jumlah tenaga administrasi-tata usaha sebanyak 12 orang. Siswa yang belajar di SMAN 1 Sumberrejo selurunya 869 orang, siswa kelas X sebanyak 288 siswa yang terbagi dalam 9 kelas, kelas XI sebanyak 291 siswa yang terbagi dalam 4 program IPA sebanyak 139 siswa, 4 program IPS sebanyak 136 siswa, dan kelas XII sebanyak 290 siswa yang terbagi dalam 4 program IPA sebanyak 120 siswa, 4 program IPS sebanyak 146 siswa, dan 1 program bahasa sebanyak 24 siswa.

Â

Hasil Observasi Aktivitas Guru

Selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran dilakukan pengamatan/observasi terhadap aktivitas guru. Pengamatan terhadap aktivitas guru dilakukan oleh 2 orang observer yang terdiri dari 1 orang guru kelas, dan 1 orang mahasiswa geografi. Observasi tersebut dilakukan tiga kali untuk setiap kelas. Hal ini disesuaikan dengan jumlah tatap muka yang juga sebanyak tiga kali pertemuan untuk masng-masing kelas.Berdasarkan data tabel aktivitas guru kelas X-6 pada tiap pertemuan mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga. Pada pertemuan pertama menunjukkan angka 72%, pertemuan kedua menunjukkan angka 80%, pertemuan ketiga menunjukkan angka 92%, dan jika diakumulasikan lalu di rata-rata persentase aktivitas guru menunjukkan angka 81,33%. Berdasarkan skala likert (Riduwan, 2009:21) persentase aktivitas guru dalam uji coba pendekatan konvensional tersebut dikategorikan �Layak� (72% pada pertemuan pertama), persentase 80% pada pertemuan kedua termasuk kategori �Layak�, persentase 92% pada pertemuan ketiga juga termasuk kategori �Sangat Layak�, dan ketika diakumulasikan lalu di rata-rata setiap pertemuan aktivitas guru mendapat persentase 81,33% yang hal tersebut juga masuk dalam kategori �Sangat Layak�. Hal ini merupakan masalah yang dapat menghambat proses pembelajaran. Berdasarkan data tabel di atas aktivitas guru pada tiap pertemuan mengalami peningkatan, pada pertemuan pertama aktivitas guru menunjukkan  80%, pertemuan kedua menunjukkan 84%, pertemuan ketiga menunjukkan 92%, dan jika diakumulasikan dan dirata-rata setiap pertemuan aktivitas guru menunjukkan angka 85,33%. Berdasarkan skala likert (Riduwan, 2009:21) persentase aktivitas guru dalam uji coba pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik tersebut, termasuk dalam kategori �Layak� (80% pada pertemuan pertama), persentase 84% pada pertemuan kedua termasuk dalam kategori �Sangat Layak�, persentase 92% pada pertemuan ketiga termasuk dalam kategori �Sangat Layak�, serta ketika diakumulasikan lalu dirata-rata aktivitas guru mendapat persentase 85,33% yang termasuk dalam kategori �Sangat Layak�.

Â

Respon Siswa

Dari hasil angket respon siswa yang dibagikan, dapat diketahui hasilnya sebagai berikut:

1.     Respon siswa tentang materi Sejarah Pembentukan Bumi

Tabel 2: Indikator Pendekatan Pembelajaran Konvensional Kelas X-6

No.

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

13

40,62%

2

Tidak Senang

19

59,38%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-6 sebanyak 59,38% tidak senang pada materi Sejarah Pembentukan Bumi karena materi sulit dipahami dan sulit dipublikasikan. Sedangkan sebanyak 40,62% siswa kelas X-6 senang terhadap materi Sejarah Pembentukan Bumi karena mudah diterima dan dipahami, serta sangat membantu dalam belajar karena materi jelas.

Tabel 3: Indikator Pendekatan Pembelajaran PMR Kelas X-9

No

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

24

75%

2

Tidak Senang

8

25%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-9 sebanyak 75% senang terhadap materi Sejarah Pembentukan Bumi karena materi mudah diterima dan dipahami, serta sangat membantu dalam belajar karena materi jelas. Sedangkan sebanyak 25% siswa kelas X-9 tidak senang terhadap materi Sejarah Pembentukan Bumi karena materi sulit dipahami dan sulit dipublikasikan.

2.     Respon siswa tentang cara pembelajaran yang diberikan guru dengan adanya pre-test dan post-test pada materi Sejarah Pembentukan Bumi

Tabel 4: Respon siswa tentang pre-test dan

post-test Kelas X-6

No

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

31

96,87%

2

Tidak Senang

1

3,13%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-6 sebanyak 96,87% senang terhadap cara pembelajaran yang diberikan guru dengan adanya pre-test dan post-test pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena dapat mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan materi pelajaran Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi, mengetahui kekurangan materi saat awal pelajaran, dan mengetahui pendekatan pembelajaran yang mana yang cocok bagi siswa. Sedangkan 3,13% siswa kelas X-6 tidak senang terhadap cara pembelajaran yang diberikan guru dengan adanya pre-test dan post-test pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena banyak tes evaluasi yang harus diikuti oleh siswa.

Tabel 5: Respon siswa tentang adanya pre-test dan post-test kelas X-9

No.

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

32

100%

2

Tidak Senang

0

0%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-9 sebanyak 100% senang terhadap cara pembelajaran yang diberikan guru dengan adanya pre-test dan post-test pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena dapat mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan materi pelajaran Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi, mengetahui kekurangan materi saat awal pelajaran, dan mengetahui pendekatan pembelajaran yang mana yang cocok bagi siswa. Sedangkan 0% siswa kelas X-9 tidak senang terhadap cara pembelajaran yang diberikan guru dengan adanya pre-test dan post-test pada materi Sejarah Pembentukan Bumi.

3.     Respon siswa tentang guru saat mengajar pada materi Sejarah Pembentukan Bumi

Tabel 6: Respon siswa tentang guru saat mengajar pada materi Sejarah Pembentukan Bumi kelas X-6

No

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

30

93,75%

2

Tidak Senang

2

6,25%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-6 sebanyak 93,75% senang terhadap guru saat mengajar pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena cara mengajarnya komunikatif, penjelasan yang diberikan komunikatif, dan adanya nilai tambahan bagi siswa yang aktif. Sedangkan 6,25% siswa kelas X-6 tidak senang terhadap guru saat mengajar pada Materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena cara belajarnya tidak komunikatif.

Tabel 7: Respon siswa tentang guru saat mengajar pada materi Sejarah Pembentukan Bumi kelas X-9

No.

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

32

100%

2

Tidak Senang

0

0%

Total

32

100%

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-9 sebanyak 100% senang terhadap guru saat mengajar pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena cara mengajarnya komunikatif, penjelasan yang diberikan komunikatif, dan adanya nilai tambahan bagi siswa yang aktif. Sedangkan 0% siswa kelas X-9 tidak senang terhadap guru saat mengajar pada Materi Sejarah Pembentukan Bumi.

4.     Respon siswa tentang pendekatan pembelajaran konvensional

Tabel 8: Respon siswa tentang pendekatan pembelajaran konvensional kelas X-6

No.

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

17

53,12%

2

Tidak Senang

15

46,88%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-6 sebanyak 53,12% senang terhadap pendekatan konvensional pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena keterangannya mudah dipahami, menyenangkan dan tidak membosankan sehingga belajar lebih bersemanagt, serta adanya penghargaan berupa point plus plus. Sedangkan 46,88% siswa kelas X-6 tidak senang terhadap pendekatan konvensional pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena sulit dipahami sebab yang disampaikan guru hanya garis besar materi dan cara belajar lebih terpacu dan terkesan tergesa-gesa serta banyak tugas yang dibebankan kepada siswa.

5.     Respon siswa tentang pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Tabel 9: Respon siswa tentang pendekatan pembelajaran PMR kelas X-9

No.

Pernyataan

Frekuensi

%

1

Senang

30

93,75%

2

Tidak Senang

2

6,25%

Total

32

100%

Sumber: Data Primer Olahan 2013

Berdasarkan data tabel di atas menunjukkan bahwa siswa kelas X-9 sebanyak 93,75% senang terhadap pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena keterangannya mudah dipahami, menyenangkan dan tidak membosankan sehingga belajar lebih bersemangat, serta adanya penghargaan berupa point plus plus. Sedangkan 6,25% siswa kelas X-9 tidak senang terhadap pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi Sejarah Pembentukan Bumi, karena sulit dipahami sebab yang disampaikan guru hanya garis besar materi.

Â

Validasi Perangkat Pembelajaran

Berdasarkan tabel penilaian RPP pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dapat diketahui bahwa RPP telah divalidasi oleh ahli isi/materi. Rata-rata penilaian validasi RPP sebesar 83%. Menurut skala likert (Riduwan, 2009: 21) ketegori ini termasuk dalam kategori �Sangat Layak�, sehingga RPP tersebut layak untuk digunakan pada kelas eksperimen. Serta  tabel penilaian RPP pendekatan pembelajaran konvensional dapat diketahui bahwa RPP telah divalidasi oleh ahli isi/materi. Rata-rata penilaian validasi RPP sebesar 84%. Menurut skala likert (Riduwan, 2009: 21) ketegori ini termasuk dalam kategori �Sangat Layak�, sehingga RPP tersebut layak untuk digunakan pada kelas kontrol. Berdasarkan tabel penilaian Lembar Kerja Siswa diketahui bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) mendapat validasi sebesar 80% yang mendapat kategori �Layak� berdasarkan skala likert (Riduwan, 2009: 21). Hampir semua semua aspek yang dinilai mendapat persentase 80%, hanya tiga aspek saja yang mendapat nilai 60% yaitu kesesuaian dengan indikator, kecukupan bahan atau sumber belajar, dan kejelasan sumber belajar yang ditunjukkan.

Â

Hasil Belajar Siswa

Diketahui bahwa nilai dari 28 siswa di kelas eksperimen memiliki nilai pre-test dan post-tes dengan rata-rata 46,43 dan 63,77. Sedangkan berdasarkan data yang ditunjukkan tabel tentang hasil pre-tes dan post-tes kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 50,51 dan 66,84. Serta diketahui bahwa nilai kognitif dari 28 siswa di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,77. Sedangkan berdasarkan data yang ditunjukkan tabel tentang hasil nilai kognitif kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 66,84. Serta diketahui bahwa nilai afektif dari 28 siswa di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76,04. Sedangkan berdasarkan data yang ditunjukkan tabel tentang hasil nilai afektif kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 67,51.

Â

PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil penelitian waktu yang diberikan pada saat kegiatan belajar mengajar tidak sesuai jadwal, sehingga aktivitas guru juga mengalami hambatan dan percepatan karena waktu yang semestinya 2 jam pelajaran, hanya tersedia 1 jam pelajaran yang tentu mengalami percepatan pengajaran baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Selain itu karena waktu yang tersedia tidak sesuai dengan jadwal yang ada, menyebabkan siswa mengalami kenaikan beban kognitif ekstrinsik karena padatnya materi dalam waktu yang singkat. Serta Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik merupakan pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika, ada persamaan karakteristik antara mata pelajaran matematika dan geografi yaitu sama-sama membutuhkan pengajaran yang bersifat realistik. Namun di samping persamaan tersebut, masing-masing juga memiliki karakterisasi ilmu tersendiri baik mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran geografi.  Berdasarkan pernyataan tentang karakter pembelajaran geografi yang disampaikan oleh Prasetya (2012:89-90),  Geografi tidak dapat lepas dari lingkungan fisik dan sosial. Geografi yang hanya mempelajari bentang alam, lingkungan alam, dan penyebaran sumberdaya alam tanpa memperhatikan segi sosial atau unsur manusianya terasa ada bagian obyek material yang ditinggalkan, karena unsur sosial selalu mengikuti dan memberi corak pada lingkungan alam, dapat merubah pola penyebaran persamaan dan perbedaan geosfer. Oleh karena itu maka dalam penyajian materi geografi di sekolah harus diberikan secara terpadu/terintegrasi antara fisik dan geografi sosial karena keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh. Melalui pembelajaran geografi guru diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa berpikir geografis, yaitu memahami interaksi dan interelasi keruangan dari gejala-gejala fisikal dan sosial di permukaan bumi, serta kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknologis di bidang geografi, untuk diterapkan dalam kegiatan produktif dan pelayanan bagi masyarakat.

Sedangkan berdasarkan pernyataan tentang karakter pembelajaran pembelajaran matematika yang disampaikan oleh Wijaya (2011:11-12), sudut pandang yang pertama adalah posisi matematika, yaitu sebagai obyek ataukah sebagai alat. Kita harus memperluas pandangan kita terhadap matematika, bahwa matematika bukan sekedar �obyek belajar� atau �ilmu tentang� tetapi juga sebagai �suatu ilmu untuk� atau �a science for�. Ketika membicarakan pola (pattern) dalam matematika, kita tidak sekedar memposisikan pola sebagai suatu karakteristik yang kita amati atau temukan dalam matematika. Namun, kita juga perlu menggunakan pola dalam matematika sebagai media untuk menyelesaikan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak hanya bekerja di dalam matematika, tetapi kita sudah bekerja dengan matematika melalui proses berpikir matematis. Sudut pandang yang kedua adalah aspek matematika apa yang kita gunakan, aspek produk matematika (misal: rumus) atau aspek sifat dan prinsip matematika. Penekanan pada produk matematika memiliki kontribusi yang besar dalam pengembangan kemampuan melakukan matematika (bekerja di dalam matematika). Namun, jika hanya fokus pada produk matematika tanpa memperhatikan aspek sifat dan prinsip matematika maka kemampuan berpikir matematis akan sulit untuk dibangun. Kita akan bisa membangun kemampuan berpikir matematis jika kita memberi penekanan pada sifat dan prinsip matematika, misal pola dan hubungan (pattern dan relationship). Sudut pandang yang ketiga adalah jenis pengetahuan matematika. Ada tiga macam pengetahuan dalam matematika, yaitu pengetahuan prosedural, pengetahuan konseptual, dan pengetahuan kontekstual. Dari kutipan-kutipan di atas membuktikan bahwa disisi lain terdapat persamaan karakteristik, namun begitu banyak juga perbedaan karakteristik antara mata pelajaran geografi dan mata pelajaran matematika. Hal ini yang menyebabkan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik tidak cocok diterapkan pada mata pelajaran Geografi Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi.

Dalam suatu pembelajaran memang dibutuhkan pendekatan yang tepat suatu pembelajaran tersebut berhasil. Kondisi demikian didukung dengan adanya pendapat dari Djamarah (2010: 109-119) dalam bukunya

tentang strategi belajar mengajar bahwa, Betapa tingginya nilai suatu keberhasilan, sampai-sampai seorang guru berusaha sekuat tenaga dan pikiran mempersiapkan program pengajarannya dengan baik dan sistematik. Namun terkadang keberhasilan yang dicita-citakan, tetapi kegagalan yang ditemui disebabkan oleh berbagai faktor sebagai penghambatnya. Sebaliknya, jika keberhasilan itu menjadi kenyataan, maka berbagai faktor itu juga sebagai pendukungnya. Berbagai faktor yang dimaksud adalah (1) tujuan, (2) guru, (3) anak didik, (4) kegiatan pengajaran, (5) alat evaluasi, (6) bahan evaluasi, dan (7) suasana evaluasi.

Dengan dua alasan di atas membuktikan bahwa pendekatan konvensional lebih cocok digunakan pada mata pelajaran Geografi Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi. Hasil belajar berupa pre-tes dan post-tes di kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Pernyataan tersebut sesuai dengan keunggulan pendekatan pembelajaran konvensional yang dikatakan oleh R. Phillip Wallace, bahwa pada pendekatan konvensional penekanan yang mendasar adalah pada bagaimana pengetahuan dapat diserap oleh siswa dan penguasaan pengetahuan tersebutlah yang menjadi tolak ukur keberhasilan tujuan, sementara pengembangan potensi siswa terabaikan.

Hasil belajar pada ranah afektif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh tiga faktor di atas, yaitu minat siswa terhadap materi sejarah pembentukan bumi, penilaian siswa tentang guru saat mengajar pada materi sejarah pembentukan bumi, dan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran yang digunakan saat materi sejarah pembentukan bumi. Jika dirinci antara lain, respon siswa di kelas eksperimen sebanyak 75% menyukai materi sejarah pembentukan bumi karena materi mudah diterima dan dipahami, serta sangat membantu dalam belajar karena materi jelas. Selanjutnya 100% respon siswa kelas eksperimen menyukai guru saat mengajar pada materi sejarah pembentukan bumi karena cara mengajarnya komunikatif, penjelasan yang diberikan komunikatif, dan adanya nilai tambahan bagi siswa yang aktif. Serta respon siswa sebanyak 93,75% di kelas eksperimen menyukai pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik pada materi sejarah pembentukan bumi karena keterangannya mudah dipahami, menyenangkan dan tidak membosankan sehingga belajar lebih bersemangat, serta adanya penghargaan berupa point plus plus. Sedangkan jika diamati respon siswa pada kelas kontrol, yaitu sebanyak 59,38% tidak menyukai materi sejarah pembentukan bumi karena materi sulit dipahami dan sulit dipublikasikan. Respon selanjutnya 6,25% siswa kelas kontrol tidak senang terhadap guru saat mengajar pada materi sejarah pembentukan bumi, karena cara belajarnya tidak komunikatif. Serta 46,88% respon siswa kelas kontrol tidak menyukai pendekatan pembelajaran konvensional pada materi sejarah pembentukan bumi pada materi karena sulit dipahami sebab yang disampaikan guru hanya garis besar materi dan cara belajar lebih terpacu dan terkesan tergesa-gesa serta banyak tugas yang dibebankan kepada siswa.

PENUTUP

Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan sebagai berikut:

a.     Pada nilai pre-test dan post-test siswa di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol mengalami peningkatan baik dari nilai rata-rata maupun hasil analisis Uji-t. Namun jika diamati nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen, hal tersebut disebabkan oleh waktu pembelajaran yang tidak sesuai jadwal sehingga aktifitas pembelajaran mengalami percepatan yang secara otomatis juga mempengaruhi kenaikan beban kongnitif ekstrinsik siswa. Alasan kedua karena Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik tidak cocok diterapkan pada mata pelajaran geografi Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi karena terdapat banyak perbedaan karakteristik antara mata pelajaran matematika dan geografi, meskipun di satu sisi sama-sama membutuhkan pendekatan pembelajaran yang bersifat realistik.

b.     Pada nilai kognitif siswa, nilai rata-rata kognitif siswa di kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen yaitu kelas X-6 sebesar 66,84 dan kelas X-9 sebesar 63,77. Pada analisis Uji-t didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai kognitif. Hal tersebut penyebabnya sama halnya dengan fenomena yang terjadi pada nilai pre-test dan post-test yaitu disebabkan oleh waktu pembelajaran yang tidak sesuai jadwal sehingga aktifitas pembelajaran mengalami percepatan yang secara otomatis juga mempengaruhi kenaikan beban kongnitif ekstrinsik siswa. Alasan kedua karena Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik tidak cocok diterapkan pada mata pelajaran geografi Kompetensi Dasar Sejarah Pembentukan Bumi terdapat banyak perbedaan karakteristik antara mata pelajaran matematika dan geografi, meskipun di satu sisi sama-sama membutuhkan pendekatan pembelajaran yang bersifat realistik.

c.     Pada nilai afektif siswa, nilai rata-rata nilai rata-rata afektif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu kelas X-9 sebesar 76,04 dan kelas X-6 sebesar 67,51. Pada analisis Uji-t didapatkan hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai afektif. Kondisi  tersebut dipengaruhi oleh minat siswa terhadap materi sejarah pembentukan bumi, penilaian siswa tentang guru saat mengajar pada materi sejarah pembentukan bumi, dan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran yang digunakan saat materi sejarah pembentukan bumi lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol. Dari ketiga alasan di atas dapat dijadikan alasan yang kuat terhadap kondisi yang terjadi, bahwa nilai afektif di kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan di kelas kontrol.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh, terdapat beberapa hal yang terkait saran-saran dalam penelitian ini, diantaranya adalah:

a.     Bagi penulis, bila dalam kondisi di lapangannya saat penelitian, waktu penelitian kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan jadwal karena ada perubahan jadwal dari sekolah maka peneliti harus bisa mensiasatinya agar kegiatan belajar mengajar di kelas tetap berjalan efektif dan efisisien.

b.     Bagi sekolah, sebaiknya jika waktu pembelajaran telah ditentukan maka harus konsisten dilaksanakan sesuai jadwal dalam penerapannya.

c.     Bagi guru, sebaiknya guru mempersiapkan secara baik materi yang akan disampaikan saat proses belajar mengajar, baik pendekatan pembelajaran, LKS, media, dan perangkat pembelajaran lainnya yang mendukung saat proses belajar mengajar. Serta guru harus mampu mengenal karakteristik siswa agar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif.

d.     Bagi siswa, sebaiknya memperhatikan guru saat menerangkan meskipun materi yang diberikan sulit.

Â

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Â

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2006 SMA Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Â

Depdiknas. 2004. Materi Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Â

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar cetakan empat. Jakarta: Rineka Cipta.

Â

Gagne. 1985. Hasil-Hasil Belajar. Jakarta. Grafindo Persada.

Â

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute Utrechat.

Â

Gunawan, Totok, dkk. 2007. Fakta dan Konsep Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Inter Plus.

Â

Kholik, Muhammad. 2013. Metode Pembelajaran Konvensional, (online), (http://muhammadkho-lik.blogspot.com) diakses tanggal 10 Oktober 2013.

Â

Prasetya, Sukma Perdana. 2012. Kajian Kurikulum Geografi Sekolah Menengah Atas. Surabaya: CV. Istana.

Â

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.

Â

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Yogyakarta: PT Cipta Merdeka.

Â

Suparmin, dkk. 2013. Pelatihan PAKEM Pendekatan Saintifik Kontekstual Geografi untuk SMA dan MA Kelas X. Surakarta: Mediatama.

Â

Suwarsono. 2001. Beberapa Masalah yang Terkait dengan Upaya Implementasi Pendidikan Matematika Realistic di Indonesia. Makalah disampaikan dalam seminar nasional �Pendidikan Matematika Realistik�. Yogyakarta Universitas Sanata Darma. 14-15 November 2001.

Â

Trisna. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas VII Topik Persamaan Garis Lurus. Tesis. PPs Unesa: Surabaya.

Â

Uli H, Marah, dkk. 2006. Geografi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: ESIS.

Â

Wardiyatmoko. 2012. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Â

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik cetakan satu. Yogyakarta: Graha Ilmu

Â

Â

Â

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Paradigma

Jurnal Paradigma merupakan Jurnal Online Mahasiswa Program Studi S-1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya

 

Penanggung Jawab:

1. Ardhie Raditya, S.Sos., M.A.

2. Ali Imron, S.Sos., M.A.

3. Moh. Mudzakkir, S.Sos., M.A

Pimpinan Redaksi : Fedi Bhakti Patria

Ketua Pelaksana : Mujahidah

Redaktur Pelaksana: Tatik Inayah

Bendahara : Lilik Endrawati

Sekretaris : Kholidah Dina

Editor :

1. Nindhy Afriska Indraswari

2. Al Ghifary

3. Fisca Fitri Cahyani

Desain dan IT : Agnes Pradini Yuliarti

Promosi dan Humas: Ayu Fitria Yuni Krisbianto

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Avatara

E-Journal AVATARA terbit sebanyak tiga kali dalam satu tahun, dengan menyesuaikan jadwal Yudisium Universitas Negeri Surabaya. E-Jounal AVATARA diprioritaskan untuk mengunggah karya ilmiah Mahasiswa sebagai syarat mengikuti Yudisium.

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

PENDIDIKAN SAINS

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas MIPA UNESA.

Terbit 3 (tiga) kali setahun, berupa artikel ide, best practice, dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan sains.

Ketua  : Erman

Sekretaris: Martini

Anggota   :

1) Wahono Widodo

2) Elok Sudibyo

3) Beni Setiawan

4) Dyah Astriani

5) Laily Rusdiana

6) Budiyanto

7) Hasan Subekti

8) Siti Nurul

9) Ahmad Qosyim

10) Nuril Maulida

11) Tutut Nurita

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

UNESA Journal of Chemical Education

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Kimia - Fakultas MIPA UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

UNESA Journal of Chemistry

Unesa Journal of  Chemistry terbit 3 kali setahun memuat artikel ilmiah  bidang kimia  yang berasal dari hasil penelitian dan  hasil review artikel jurnal internasional

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

BioEdu

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

LenteraBio

LenteraBio merupakan berkala ilmiah biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Fakultas MIPA Unesa. LenteraBio menerbitkan artikel asli hasil penelitian di Bidang Biologi.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Inovasi Pendidikan Fisika

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Fisika - Fakultas MIPA UNESA

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (IPF) merupakan jurnal peer-reviewed yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika. Jurnal ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Inovasi Fisika Indonesia

Jurnal Online Program Studi S-1 Fisika - Fakultas MIPA UNESA.

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang fisika. Jurnal ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

MATHEdunesa

MATHEdunesa merupakan jurnal online ilmiah pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini terbit tiap empat bulan sekali dan menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, yaitu meliputi kajian tentang pengembangan model pembelajaran, problem solving, berfikir kreatif, pendidikan matematika realistic, pembelajaran kontekstual, inovasi pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

MATHunesa

Jurnal Online Program Studi S-1 Matematika - Fakultas MIPA UNESA

MATHunesa merupakan jurnal ilmiah matematika yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal online ini terbit tiap empat bulan sekali dan satu volume terdiri atas tiga nomor. MATHunesa menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang matematika, yaitu meliputi kajian tentang analisis dan aljabar, teori pengkodean, teori graf dan aplikasinya, matematika diskrit dan komputasi, teori sistem dan kontrol, sistem dinamik, teori bifurkasi dan aplikasinya.

View Journal | Current Issue | Register

Visual Art

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Rupa - Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Surabaya

View Journal | Current Issue | Register

APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

HIKARI

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

Jurnal ini terbit tiga kali setahun, berisi tulisan ilmiah tentang peendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Jepang. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil penelitian

Penanggung Jawab :Kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA:Roni, M.Hum., M.A., Ph.D.

Penyunting Ahli :Subandi, M.A., Ph.D.

Ketua Penyunting: Urip Zaenal Fanani, M.Pd., Dr.

Staff Penyunting :Parastuti, M.Pd., M.Ed.;Yovinza Bethvine S, Dra., M.Pd.;Hamid, Drs.;

Didik Nurhadi, M.Pd., M.A.; Amira Agustin, S.Pd., M.Pd.; Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd.

E-Journal Manager: Joko Prasetyo, S. Pd., M. Pd

Desain: Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd.

Administrasi:

Novia Tri Widiastuti, S.Pd.

Alamat Penyunting dan Administrasi:

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, FBS UNESA

Jl. Raya Menganti, Lidah Wetan, Surabaya

Telp. (031-7532809)

E-mail: prodibahasajepangunesa@yahoo.com

//

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Laterne: Jurnal S1 Pendidikan Bahasa Jerman

LATERNE

Jurnal Online "Laterne" diterbitkan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya sebagai media untuk menampung karya ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa Jerman yang dihasilkan oleh sivitas akademika. Jurnal Online "Laterne" juga dimaksudkan sebagai sarana pertukaran informasi dan sumber rujukan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan oleh seluruh bagian sivitas akademika dan juga masyarakat umum. Jurnal Online "Laterne" terbit tiga kali dalam setahun.

View Journal | Current Issue | Register

Identität - Jurnal S1 Sastra Jerman Unesa

IDENTITAET

Jurnal Online "Identitaet" diterbitkan oleh Program Studi S-1 Sastra Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya sebagai media untuk menampung karya ilmiah dalam bidang bahasa dan sastra Jerman yang dihasilkan oleh sivitas akademika. Jurnal Online "Identitaet" juga dimaksudkan sebagai sarana pertukaran informasi dan sumber rujukan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan oleh seluruh bagian sivitas akademika dan juga masyarakat umum. Jurnal Online "Identitaet" terbit tiga kali dalam setahun.

*Untuk keperluan pengetikan nama jurnal ini bisa ditulis "Identitaet".

View Journal | Current Issue | Register

Litera~Kultura

Jurnal Online Program Studi S-1 Sastra Inggris - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Language Horizon

Jurnal Online Program Studi S-1 Sastra Inggris - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

BAPALA

Jurnal berkala ilmiah mahasiswa yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jur. Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unesa. Jurnal ini berisikan publikasi kependidikan, kesastraan, dan kebahasaan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

BARADHA

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA,

Jurnal Online yang menyajikan artikel-artikel dan penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FBS UNESA tentang bahasa, sastra, dan budaya Jawa, baik ditulis dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa.

Penanggung Jawab : Ketua Jurusan - Drs. Sukarman, M.Si.

Redaktur : Sekretaris Jurusan - Dra. Sri Sulistiani, M.Pd.

Penyunting : Admin Jurusan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

PAUD Teratai

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA terbit tiga tahun sekali pada bulan Februari, Juni, dan September. Artikel ini berisikan hasil penelitian tentang pendidikan seklolah dasar yang ditulis dalam bahasa Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Character: Jurnal Penelitian Psikologi.

Jurnal Online Program Studi S-1 Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Inspirasi Manajemen Pendidikan

Jurnal Online Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Pendidikan Khusus

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

J+PLUS UNESA

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan J+PLUSUNESA merupakan jurnal ilmiah Pendidikan Luar Sekolah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.


View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal BK UNESA

Jurnal Online Program Studi S-1 Bimbingan Dan Konseling - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN:2252-3863, adalah jurnal ilmiah yang ditulis oleh civitas akademik Teknologi Pendidikan dan dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.

Penanggungjawab : Dra. Sulistyowati, M.Pd ; Ketua Penyunting : Prof. Dr. Mustaji, M.Pd ; Wakil Ketua Penyunting : Moch Syaicudin, M.Pd ; Penyunting Pelaksana : Alim Sumarno, M.Pd ; Andi Kristanto ,M.Pd ; Khusnul Khotimah, M.Pd ; Utari Dewi, M.Pd

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Teknologi Pendidikan

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan April dan bulan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang teknologi pendidikan, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penyajian dapat berupa tulisan ilmiah populer, hasil penelitian, survei, hipotesis, dan gagasan baru yang objektif dan penuh tanggung jawab.

Ketua
Dra. Sulistiowati M.Pd

Penyunting Ahli
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd (Universitas Negeri Surabaya)
Drs. Kasmansyah, M.Si (Universitas Sriwijaya)
Drs. Agus Maimun, M.Pd (UIN Malang)

Penyunting Pelaksana
Utari Dewi, S.Sn. M.Pd

Pelaksana Tata Usaha
Arip

Alamat penerbit/redaksi: Program Studi Teknologi Pendidikan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Lidah Wetan Surabaya 60213 Telp. (031)7532160 Email: jurnal@tp.ac.id

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Dasar

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Teknika

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Bisnis dan Manajemen

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Widya Cendika

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Arena

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Kepelatihan Olahraga

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Ilmu Keolahragaan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Luar Biasa

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Sekolah Dasar

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Matematika dan Sains

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Sastra dan Seni

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Inovasi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Aksi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pelangi Ilmu

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Sejarah

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Ilmu Sosial

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Paradigma

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Geografi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Padma

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Lidah

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Akrual

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Ekonomi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

PTK

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Busana dan Desain

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Boga dan Gizi

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Otopro

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pengembangan Masyarakat

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Pendidikan Olahraga

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Sejarah Indonesia

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Lentera, Jurnal Studi Perempuan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Sastra dan Seni

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Psikologi Teori dan Terapan

Jurnal Psikologi: Teori & Terapan terbit dua kali dalam setahun pada bulan Agustus dan Pebruari. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan ilmiah beradasarkan penelitian dan pemikiran kritis tentang berbagai isu yang berkembang dalam ranah psikologi teoritis maupun terapan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Apron

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Sains & Matematika

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Ordik

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Ilmu Pendidikan

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

View Journal | Current Issue | Register