PENGARUH LATIHAN INFERENSI LOGIKA SISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP NEGERI 1 BOJONEGORO

  • NOVIA Nur NUR AINI Pendidikan Fisika FMIPA UNESA

Abstract

Had been done research about influence of logic inference practice to student’s critical thinking skill. The research is quantitative research pre-experimental design with one group pretest posttest design and has purposes to describe the influence of logic inference to student’s critical thinking and learning outputs, and also to describe student’s response to application of logic inference. Population in this research are class VIII-A, VIII-D, and VIII-E while sampel in this research is class VIII-D. The results of pretest are analyzed with normality and homogeneity tests. Based on normality and homogeneity tests, all of the classes are normal and homogen. After that, have been done correlation and regression tests to describe relationship between logic inference practice with critical thinking skill and logic inference practice with learning outputs. The process of logic inference practice happened during activity before experiment while the application of logic inference happened during experiment activity until produce a product of logic inference from worksheet. Based on correlation and regression analysis, logic inference practice give positive influence 1,047 to student’s critical thinking skill with determination coefficient 36,6%. Logic inference practice also give positive influence 0,713 to learning outputs with coefficient determination 33,2 %. Responses showed by students totally very good with average percentage of student’s responses  from each statement 83%.

Keywords : logic inference practice, critical thinking skill, learning outputs

Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh latihan inferensi logika siswa terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pra-experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design dan bertujuan mendeskripsikan pengaruh latihan inferensi logika terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan latihan inferensi logika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A, VIII-D, dan VIII-E sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dan regresi untuk mendeskripsikan hubungan antara latihan inferensi logika dengan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Proses latihan inferensi logika dimulai saat kegiatan motivasi hingga menuju pada kegiatan eksperimen sedangkan penerapannya berlangsung saat siswa melakukan kegiatan eksperimen hingga akhirnya menghasilkan produk berupa nilai inferensi logika yang berasal dari LKS. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi, diperoleh hasil bahwa latihan inferensi logika berpengaruh positif sebesar 1,047 terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan besar koefisien determinasi 36,6%. Latihan inferensi logika juga berpengaruh positif sebesar 0,713 terhadap hasil belajar siswa dengan besar koefisien determinasi 33,2%. Respons yang ditunjukkan siswa secara keseluruhan sangat baik dengan rata-rata persentase respons siswa dari masing-masing pernyataan yang diberikan yaitu 83%.

Kata kunci : latihan inferensi logika, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

 

Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 163