Pengaruh Multiple Intelligences Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X Di SMAN 1 Porong

  • Miftachul Huda
  • Alimufi Arief

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain true experimental design di SMAN 1 Porong yang bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap penerapan multiple intelligences menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Pada penelitian ini, LKS multiple intelligences memberi latihan dan memperkuat kemampuan membangunkan kecerdasan serta mengembangkan struktur pelajaran yang mengacu pada penggunaan multiple intelligences. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Porong. Hasil analisis dengan menggunakan uji t dua pihak didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Nilai thitung pada uji t satu pihak pada kelas eksperimen (X-4, X-6 dan X-7) didapatkan sebesar 5,61; 5,32; dan 3,25 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil analisis regresi dan korelasi linier diketahui bahwa multiple intelligences berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif dengan koefisien korelasi sebesar 0,95. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan multiple intelligences menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas eksperimen terlaksana dengan baik meskipun ada kendala pada pengelolaan waktu. Penerapan pembelajaran multiple intelligences menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas eksperimen mendapat respons yang baik dari siswa.
Kata Kunci: multiple intelligence, model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar.
Abstract
Have been done experimental research with true experimental design at SMAN 1 Porong that is held to describe achievement of student learning results, and describe the student’s response to the application of multiple intelligences using learning models Cooperative Type of Jigsaw. In this research, multiple intelligences worksheet gives practice and reinforce skills and develop intelligence wake lesson structure refers to the use of multiple intelligences. Population of this research is students of class X SMAN 1 Porong. Results of analysis using the t test two parties, found that the average value of experiment classes and control class is different. The value of tcount from t test one part experimental classes (X-4, X-6 dan X-7) are 5,61; 5,32; dan 3,25 with the ttable of 1,67. This indicates that the average student learning results experimental classes was better than the control class. From the results of linear regression analysis and correlation of multiple intelligences in mind that a positive effect on student learning results in the cognitive, psychomotor, and affective with a correlation coefficient of 0.95. The results showed that the enforceability of the learning process by applying multiple intelligences using learning models Cooperative Type of Jigsaw in experimental classs performing well despite the constraints on time management. Application multiple intelligences using learning models Cooperative Type of Jigsaw in experimental classes gets a good response from students.
Keywords: multiple intelligence, learning models Cooperative Type of Jigsaw, learning results.
Published
2013-11-01
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 115