PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 MADIUN

  • APRILLIA Suci SUCI ROSYANTI

Abstract

The research aims to establish the character and the implementation requaires a shared commmitmen among teachers, parents and the school. The research is a research-oriented learning tool development on honesty, care and discipline. Subjects of this study was undergraduate class VIII-A, totaling 32 children. Implementattion of design research that is developing early learning tool, learning tool study by experts (faculty) and practitioners (junior high school physics teacher) and trying limited to SMPN 13 Madiun.

Keywords : Development, Learning Tools, Character

Abstrak. Penelitian ini bertujuan membentuk karakter dan pelaksanaannya memerlukan komitmen bersama antara guru, orang tua dan pihak sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada sikap jujur, peduli dan disiplin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 anak. Pelaksanaan penelitian yaitu mengembangkan desain awal perangkat pembelajaran, telaah pembelajaran oleh para pakar (dosen) dan para praktisi (guru fisika SMP), dan di uji coba terbatas pada siswa di SMPN 13 Madiun.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Karakter

 

Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 85