PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI TURNAMEN BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 LAMONGAN

  • HENY Ekawati EKAWATI HARYONO

Abstract

Research was triggered that cooperation and competition as well as the merger study groups could be applied to learning process in the form of competition groups, also competition in the individual motivation and attention and support learning students. Research is done with a view to describe the influence of active learning with strategy tournament learn on the subjects of heat engine and a change of form of the substance to study result of the student. This research uses experimental methods research is true experimental designs. The population of this research is all the students are seven class, a class of x taken a class of control ( X-5 ) a class of experiment ( X-7, and X-6 and X-4 ) that berdistribusi normal and homogeny as a sample of research with the given pre-test. The result obtained then post-tes analyzed by uji-t. The result obtained uji-t two parties -ttabel<t<ttabelindicates the presence of the difference between a class of control by a class of experiments. The result obtained uji-t the right thitung≥ttabel (α = 0,05) indicates that study result of the students on class experiment better than a class of control. The conclusion that active learning with strategy tournament learn can improve learning outcomes students class X SMA Negeri 3 Lamongan.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kerja sama dan persaingan serta penggabungan kelompok belajar dapat diterapkan pada proses belajar mengajar dalam bentuk persaingan kelompok, juga persaingan dalam individu sehingga menunjang motivasi dan perhatian belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran aktif  dengan strategi turnamen belajar pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat terhadap  hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental yaitu True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah tujuh kelas, diambil kelas kontrol (X-5) dan kelas eksperimen (X-7, X-6 dan X-4) yang berdistribusi normal dan homogen sebagai sampel penelitian dengan diberikan pre-test. Hasil post-tes yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil uji-t dua pihak diperoleh -ttabel<t<ttabel menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil uji-t pihak kanan diperoleh thitung≥ttabel (α = 0,05) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulannya bahwa  pembelajaran aktif strategi turnamen belajar  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Lamongan.

Kata kunci:  Pembelajaran Aktif, Turnamen Belajar, Hasil Belajar Siswa, Kalor dan Perubahan Wujud Zat.
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 36