PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING COMMUNITY PADA MATERI POKOK BUNYI DI KELAS VIII SMP

  • VERI Andria ANDRIA WIJAKSA

Abstract

This research is the development research of learning instruments based on learning community on subject of sound that is by develop initial design of learning instruments, learning instruments review by experts  (lecturer) and physics teacher of junior high school and limited test to the students in SMPN 1 Jetis Ponorogo. Based on the result of the feasibility analysis of learning instruments show that the learning instruments that have developed fit for use with good and excellent category. While the learning management, the result of analysis shows that generally the teacher have managed the learning enough good, students response  toward learning community  that they do show response positively  to the learning materials, media used, student books, Student Worksheet, the way teachers teach, and learning condition. And learning community that is done by the students is more effective because they show all of the learning community principles.

Keywords : Development Research, Learning Instruments, Learning Community

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis learning community pada materi bunyi. Pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan desain awal perangkat pembelajaran, telaah perangkat pembelajaran oleh para pakar (dosen) dan para praktisi (guru fisika SMP), dan uji coba terbatas pada siswa di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis kelayakan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah layak digunakan dengan kategori baik dan sangat baik. Sedangkan untuk pengelolaan pembelajaran, hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum guru telah mengelola pembelajaran dengan cukup baik. Respon siswa terhadap learning community yang mereka lakukan menunjukkan respon yang positif pada materi pembelajaran, media yang digunakan, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), cara guru mengajar, dan suasana belajar. Dan learning community yang dilakukan oleh siswa berjalan lebih efektif karena mereka menunjukkan semua prinsip dari learning communitynya.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Learning Community
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 74