PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEDERHANA CERMIN GANDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUB MATERI PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SIDOARJO

  • ARMY REJANTI

Abstract

Research was triggered by difficulty of students in mastering the concept of physics that most is an abstract. To minimize understanding the concept of students who weak need that this provision media learning. One component media learning is props. The aim of this research is described the eligibility of props that has been modified when used in their experiences in the class. The development of props mirror double is research and development (R&D) by using design research in the form of one group pretest-posttes design. Props developed first pass through the stages giving expert advice of teacher and lecturers field of study sains then performed appraisement appropriateness before used in learning. The next stages is testing stage on the kids in class VIII SMPN 3 Sidoarjo by using 3 class replication. Based on validation the eligibility of props done lecturer experts and teachers field of study can be used as a viable media learning with a percentage of 82 %. Percentage of study result student learning in class VIII-2 of 83,3 %, class VIII-3 of 80,5 %, and in class VIII-6 of 83,3 % so that when on the average percentage of study student learning the result of 82,36 %. The result of validation yhe eligibility of porps stating props mirror double fit for use in learning strengthened also by a response students in the third class of highly either by the percentage of 92,30 %. A summary of the research is worth double mirror props used in the learning process as well as good response from students after using props.

Keywords : Props to mirror double,   Research and Development (R&D, one group pretest-posttest design).

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menguasai konsep fisika yang kebanyakan bersifat abstrak. Untuk meminimalkan pemahaman konsep siswa yang lemah perlu adanya penyediaan media pembelajaran yang memadai. Salah satu komponen media pembelajaran adalah alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan alat peraga yang telah dimodifikasi apabila digunakan di dalam pembelajaran di kelas. Pengembangan alat peraga cermin ganda merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain penelitian berupa one group pretest-posttest design. Alat peraga yang dikembangkan terlebih dahulu melewati tahap pemberian saran dari dosen ahli serta guru bidang studi IPA yang kemudian dilakukan penilaian kelayakannya sebelum digunakan di dalam pembelajaran. Tahapan selajutnya adalah tahap pengujian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan menggunakan 3 kelas replikasi. Berdasarkan  validasi kelayakan alat peraga yang dilakukan dosen ahli serta guru bidang studi dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase 82 %. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal di kelas VIII-2 sebesar 83,3 %, kelas VIII-3 sebesar 80,5 %, dan di kelas VIII-6 sebesar 83,3 % sehingga apabila dirata-rata persentase ketuntasan belajar siswa di ketiga kelas diperoleh hasil 82,36 %. Hasil validasi kelayakan alat peraga yang menyatakan alat peraga cermin ganda layak digunakan di dalam pembelajaran diperkuat juga oleh respon siswa di ketiga kelas sangat baik dengan persentase 92,30%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah alat peraga cermin ganda layak digunakan di dalam proses pembelajaran serta respon baik dari siswa setelah menggunakan alat peraga cermin ganda.

Kata kunci: Alat peraga cermin ganda, Penelitian Research and Development (R&D, one group pretest-posttest design).
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 1277