PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Heads Together) DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI MTs NU TRATE GRESIK

  • NUR ANISABITAH

Abstract

The background of this research was the lacking of physics teacher who applies models and strategies of learning, this leads to the lack of motivation of the students to learn in the classroom, so that their learning outcomes tend to be low. This research was meant to find out the influence of the application of cooperative NHT (Numbered Heads Together) learning with make a match method against the learning outcomes of the students on the optical device matter’s of subject. This is experimental research type by providing treatment of the subject. The population of this research are the entire 8th grade students in MTs NU Trate Gresik, and the samples are  VIII-A, VIII-B, and VIII-C as the experiment classess and VIII-D as the control class that homogen and having a normal distribution with the given pre-test. The post test result was analized using t-test. The result of two part of t-test was -ttabel < thitung < ttabel, shows that the average result of learning outcomes between the experiment class and the control class was different. The result of one part of t-test was thitung > ttabel shows the average result of learning outcomes of the experimental class was better than the control class. The conclusion is that the application of of cooperative NHT (Numbered Heads Together) learning with make a match method having a positive influence to the learning outcomes of the8th grade students in MTs NU Trate Gresik.

Keywords : NHT learning, make a match methods, learning outcomes, optical devices

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di sekolah tersebut masih sedikit guru fisika yang menerapkan model dan strategi pembelajaran, hal ini mengakibatkan lemahnya motivasi siswa untuk belajar di kelas, sehingga hasil belajar mereka cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode make a match terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan alat optik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Trate Gresik dan sampel yang diambil yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol yang berdistribusi normal dan homogen sebagai sampel penelitian dengan diberikan pre-test. Hasil post-test yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil uji-t dua pihak diperoleh -ttabel < thitung < ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar  kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode make a match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di MTs NU Trate Gresik pada materi alat optik di kelas VIII.

Kata kunci: Pembelajaran NHT, Metode make a match, Hasil belajar siswa, Alat Optik.


Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 47