PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN LAB VIRTUAL PHET SEBAGAI PELENGKAP LAB RIIL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 1 NGANJUK

  • DWI Ade ADE NOVIANTORO

Abstract

Had been done research to developed a learning instrument with the lab virtual phet as complementary real lab on physics in Multimedia Department of SMKN 1 Nganjuk. The learning objectives of this research is described the feasibility of a developed learning instrument, described feasibility learning instrument in their experiences in physics SMKN 1 Nganjuk. The design of the development of learning in this research adapting development research model 4-D ( four d model ) consisting of: define, design, develop, and disseminate. In this research used only three stages to the development stage. The standart competence is implementing the concept of electricity direct current with basic competence control of the relation between voltage, resistance, and current. Subject of research is physic learning instrument with the lab virtual phet contains as “electricity direct current” of SMKN 1 Nganjuk. The trial of limited learning in the study was conducted on 18 students in IX Multimedia class of SMK N 1 Nganjuk the 2011 / 2012 lesson year. From the research obtained can be concluded that: 1 ) the learning instrument which has been developed overall as good category and fit for use in their experiences in SMKN 1 Nganjuk physics; 2 ) feasibility learning physics the use of learning instrument which has developed as a whole can run well and effective response, which includes the students study result of the students, and the feasibility process of learning with a device that developed.

Keywords: lab virtual PhET, learning istrumentn, and four D model

Abstrak. Telah dilakukan  penelitian  untuk mengambangkan perangkat pembalajaran dengan lab virtual PhET sebagai pelengkap lab riil dalam pembelajaran fisika di SMK jurusan multimedia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, mendeskripsikan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran fisika di SMKN 1 Nganjuk. Rancangan pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini mengadaptasi penelitian  pengembangan model 4D (four D model) yang terdiri dari: tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dalam penelitian ini hanya digunakan tiga tahap, yaitu sampai tahap pengembangan. Standar kompetensi yang ditetapkan adalah menerapkan konsep listrik arus searah dengan kompetensi dasar menguasai  hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus. Subyek  penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika SMK dengan lab virtual PhET dalam pembahasan “Kelistrikan Arus Searah”. Uji coba terbatas pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan terhadap 18 siswa kelas XI jurusan multimedia  SMK N 1 Nganjuk pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan berkategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Nganjuk; 2) Keterlaksaan pembelajaran fisika menggunakan perngkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan efektif yang meliputi respon siswa, hasil belajar siswa, dan proses keterlaksanaan pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan.

Kata-kata kunci: lab virtual PhET, perangkat pembelajaran, dan four D model
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 66