PENGARUH LATIHAN MEMBANGUN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH TOPIK KALOR PADA SISWA SMAN 1 SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

  • PUPUT Putri PUTRI MANITASARI

Abstract

Based on the early research in form of test problem solving that held in SMAN 1 Sukodadi known that students not understand the physics who have taught that they cannot finish about problem-solving. Hence, done learning build concept expected to help students in solving problems. Research purposes this is described influence exercise build concepts and response to ability solve problems students on topic heat engine. Design experimen used in this research is pre experiental design type one group pretes posttest design. This research carried out in the full year study 2011 / 2012 graders X SMAN 1 Sukodadi. The result analysis correlation linear regression and can be known that degree relations exercise build concept students against ability solve problems students determined by a coefficient of determination of 62,41 % which means level to do strong. Based on the results of the analysis are filled by students angket can be known as a whole shows that the response of the students learning build student concept powerfully. So in General, the results showed that exercise a positive influence to establish the concept of problem-solving ability in students a heat topic SMAN 1 Sukodadi Lamongan.

Keywords: build concept, problems solving; heat

Abstrak. Berdasarkan hasil penelitian awal berupa tes pemecahan masalah yang dilakukan di SMAN 1 Sukodadi diketahui bahwa siswa kurang memahami konsep fisika yang telah diajarkan sehingga mereka belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah. Oleh karena itu, dilakukan pembelajaran membangun konsep yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh latihan membangun konsep dan respons terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada topik kalor. Desain experimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experiental design jenis one group pretes posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 siswa kelas X SMA 1 Sukodadi. Hasil analisis korelasi linier dan regresi dapat diketahui bahwa derajat hubungan latihan membangun konsep siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa ditentukan oleh koefisien determinasi sebesar 62,41% yang berarti tingkat hubungannya kuat. Berdasarkan hasil analisis angket yang diisi oleh siswa dapat diketahui secara keseluruhan menunjukkan bahwa respons siswa mengenai pembelajaran membangun konsep siswa sangat kuat. Sehingga secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan membangun konsep berpengaruh positif terhadap kemampuan memecahkan masalah topik kalor pada siswa SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan.

Kata Kunci: membangun konsep, memecahkan masalah, kalor
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 22