PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO

  • AFIF Yuli Candra YULI CANDRA PRASETYA

Abstract

Based on the results of observations by researchers at SMA Negeri 1 kedungadem known that all these years students have difficulty in doing the experiment. Because of that researcher tried to apply a method of his experiments with a model of teaching directly. The purpose of this research is to describe the influence of the experimental methods are on the model of teaching direct against students achievement on any material displacement heat transfer. This research using design True experimental design”. The population of research is all the students class X SMA Negeri 1 kedungadem which consisted of five classes. A sample of research consisting of the three classes his experiments ( X-1, X-2, X-3 ) and one class of control ( X-4 ) . Outcomes research shows that the implementation of the experimental methods are on the model of teaching can directly improve performance students on any material displacement heat engine in SMA Negeri 1 kedungadem.

Keywords: Teaching direct, The experimental methods, Learning achievement, and Transfer of heat

Abstrak, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Kedungadem diketahui bahwa selama ini siswa mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan eksperimen. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu metode eksperimen dengan model pengajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh metode eksperimen dengan model pengajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan desain “True Experimental Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-1, X-2, X-3) dan satu kelas kontrol (X-4).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi perpindahan kalor di SMA Negeri 1 Kedungadem.

Kata Kunci : Pengajaran langsung, Metode eksperimen  Prestasi belajar, dan Perpindahan kalor
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 101