PENGARUH PENERAPAN PROBING QUESTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NOS (NATURE OF SCIENCE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 2 KEDIRI

  • Puji Rahayu Ningsih

Abstract

The research that had been done is about the influence of applying probing questions with Nature of Sciene (NOS) model to student’s concept understanding on static fluids in Senior High School 2 Kediri. The research is true experimental with randomized control group pretest posttest design which purposes to desribe the differences between students’concept understanding both experiment class that applied probing questions with Nature of Sciene (NOS) model and control class did not apply it using static fluids  materials. The population in this research is XI Science class in Senior High School 2 Kediri amount to four classes. The result of normality test was gotten that three classes normally distributed with x2count < x2tabel (a = 0.05) and the result of homogenity test state that Fcount < Ftabel(a = 0.05), and selected randomly to get manipulation class and the control one. By manipulating learning model and controlling the lesson,  we got the result of posttest that will be analist by using t-test one side. T-test results state that tcount ≥ ttable (α = 0.05) showed that the student’s concepts understanding in an experimental class is better than the control class. So, the student’s concepts understanding in XI IPA 1 in Senior High School 2 Kediri  when they studied fluid statics by appliying probing questions with Nature of Sciene (NOS) is better than the student’s concepts understanding that did not use it.

 

Keywords: Probing Questions, NOS(Nature of Science)LearningModel, Student’s concept Understanding

Abstrak. Penelitian yang telah dilakukan adalah tentang pengaruh penerapan probing question dengan model pembelajaran NOS (Nature of Science) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis  di SMA Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan control group pre-test post-test design yang bertujuan mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang menerapkan probing questions dengan model pembelajaran NOS (Nature of Science) pada materi fluida statis di SMA Negeri 2 Kediri dengan pemahaman konsep siswa yang tidak menerapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kediri yang berjumlah empat kelas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh tiga kelas terdistribusi normal dengan X2hitung< X2tabel (α = 0,05) dan dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel (α = 0,05), serta diacak secara random dipilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan memanipulasi model pembelajaran yang digunakan dan mengontrol materi yang dipelajari, diperoleh hasil posttest yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu pihak. Hasil uji-t pihak kanan diperoleh thitung ≥ ttabel (α = 0,05) menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kediri pada materi fluida statis yang menerapkan pemberian probing question dengan model pembelajaran NOS (Nature of Science) lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang tidak menerapkan.

Kata-kata kunci : Pertanyaan Probing, Model Pembelajaran NOS (Nature of  Science), Pemahaman Konsep siswa
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 41