Pengaruh Penerapan Permainan Destinasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan

  • ANNISAUL KARIMAH

Abstract

Had been done research about the effect of implentation on destination game with mode type of cooperative learning “Teams Games Tournaments” (TGT) of learning outcomes of student on physics of sub subject dynamic electric in class X SMAN 1 Galis Pamekasan. The target of this resarch was desribed the result of student on cognitif, psycomotoric, and effective: decribing responsive of student of implemented destination games, also described the influences students ability after implemented destination games with mode of cooperative type TGT on the value of study at students on the subject of dynamic electric. The design of this research is true experimental design. Consideration of the samples of this research used Random Sampling so gained control class (X-3) and experimental class (X-4, X-5, and X-6). From t-test analysis two tailed on experimental class was acquired tamount>ttable, this event pointed that were the rate of differences average learning between  class control and experimental class. The value of t-test one tailed was obtained tamount>ttable, this event pointed the valued of experimental class was better than control class. Performance of analysis results were known experimental class gained average good performance better than contol class was continually of 2,710; 2,730; and 2,760, while on the experimental class gained score of 2,580. From the result of regression analysis and correlation’s linier was known that performance skill had positive effect on cognitive learning outcomes and 96,08% students had good respond to learning with influenced destinasion game as mode type of cooperative learning TGT of subject physics in dynamic electric.

 

Keywords: Mode Type Of Cooperative Learning “Teams Games Tournaments” (TGT), Learning Outcomes Of Student, Dynamic Electric.

 


Abstrak.
Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Penerapan Permainan Destinasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X  SMAN 1 Galis Pamekasan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif ; mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan permainan destinasi, serta mendeskripsikan pengaruh kemampuan kinerja siswa setelah diterapkan permainan destinasi dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan pada pokok bahasan listrik dinamis Rancangan penelitian ini adalah true experimental design.  Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas kontrol (X-3) dan kelas eksperimen (X-4, X-5 dan X-6). Dari hasil analisis uji-t dua pihak pada kelas eksperimen didapatkan thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen Hasil uji-t satu pihak didapatkan thitung > ttabel,.hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena Hasil analisis kinerja siswa diketahui kelas Eksperimen memperoleh nilai rata-rata kinerja lebih baik daripada kelas kontrol yaitu berturut-turut sebesar 2, 710; 2,730; dan 2,760, sedangkan pada kelas eksperimen mendapat skor sebesar 2,580. Dari hasil analisis regresi dan korelasi linier diketahui bahwa kemampuan kinerja siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa dan  sebesar 96,08% siswa mempunyai respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menerapkan permainan destinasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil belajar siswa, Listrik Dinamis.

Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 19