PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERREJO BOJONEGORO

  • Ahmad Khoirun Nasikhin
  • Titin Sunarti

Abstract

Penelitian tentang penerapan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di siswa kelas VIII SMPN 1 Sumberrejo Bojonegoro mengacu pada rendahnya pemahaman konsep fisika. Hal tersebut berdasarkan pada hasil observasi yang menyatakan tingkat  keberhasilan siswa terhadap hasil belajar rendah mencapai 75% dari KKM pada sekolah tersebut. Tingkat kelulusan di sekolah SMPN 1 Sumberrejo mencapai 98% dengan nilai rata-rata untuk pelajaran IPA 84,5%, sedangkan untuk hasil evaluasi pelajaran fisika mencapai 79%. Dengan  data tersebut diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar sebelumnya. Strategi belajar PQ4R siswa diharapkan mampu meningkatkan konsep fisika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar  (kognitif, afektif, psikomotor), dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental design, dengan instrumen penelitian meliputi soal pre-test dan post-test, lembar pengamatan psikomotor, lembar pengamatan afektif, dan  angket respon siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-test and Post-test Desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII  SMPN 1 Sumberrejo, sedangkan sampel yang diambil kelas VIII-A, VIII-C, VIII-D sebagai kelas eksperimen dan VIII-F sebagai kelas kontrol diambil secara acak atau random. Dari hasil penelitian diperoleh nilai aspek afektif kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, kelas eksperimen 3, dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 86,73; 87,28; 87,45; dan 80,48, sedangkan nilai aspek psikomotor kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, kelas eksperimen 3, dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 88,29; 88,51; 88,28; dan 88,10. Untuk nilai aspek kognitif dianalisis menggunakan uji t didapat bahwa semua kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar lebih baik daripada kelas kontrol. Secara keseluruhan hasil belajar(kognitif,afektif dan psikomotor) kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respons siswa terhadap penerapan strategi belajar PQ4R yang digunakan guru waktu mengajar baik sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan strategi belajar PQ4R lebih baik dari pada pembelajaran di sekolah tersebut.

 

Kata Kunci: Strategi belajar PQ4R, hasil belajar, alat optik

Abstract

The research about implementation PQ4R strategy learning to learning result in optical tools material in VIII class SMPN 1 Sumberrejo Bojonegoro physic concept. That is in observation result that learning result until 75% from KKM in this school. The graduation in this school for SMPN 1 Sumberrejo 98% with value for exact lesson 84,5%, then for evaluation result of physich lesson until 79%. With the data of this study are expected to improve the results of the previous study. PQ4R strategy learning can increase the student physich concept easily, so can increased the learning result. This research aims to describe the implementation of PQ4R strategy learning to learning result (cognitive, affective, psychomotor), and student response. This research is true experimental research design, the research instruments include about pre-test and post-test, the observation sheet psychomotor, affective observation sheets, and student questionnaire responses. The research design used a Control Group Pre-Test and Post-Test Design. The population in this research is all eighth grade students SMPN1 Sumberrejo, when samples were taken class VIII-A, VIII-C, and VIII-D as a experiment class and VIII-F as control class, taken at random. From the results research were obtained value of the affective aspects of the experimental class 1, the experiment class 2, the experiment class 3, and control class row is 86,73; 87,28; 87,45, and 80,48, while the value of psychomotor aspects of the experiment class 1, the experiment class 2, the experimental class 3, and control class row is 88,29; 88,51; 88,28, and 88,10. To value the cognitive aspects were analyzed using t-test found that all classes of experiment get better the learning result than the control class. The response of students to implementation of PQ4R strategy learning that used teachers when teach is very good. So it can be concluded that the learning result by implementation PQ4R strategy learning better than learning in this school.

Keywords: PQ4R strategy learning, the result learning, optical tools

Published
2013-11-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 28