DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK IMPULS, MOMENTUM DAN TUMBUKAN DI KELAS XI SMA WAHID HASYIM IV WARU SIDOARJO

  • Endang Purwati
  • Sri Mulyaningsih

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan proses belajar mengajar, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, serta responsiswa dan kendala yang ditemui setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas XI SMA Wahid Hasyim IV Waru Sidoarjo dengan menggunakan metode penelitian one shot case study. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil yang sangat memuaskan. Pengelolaan proses belajar mengajar dengan pada semua aspek berlangsung dengan baik, dilihat dari hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan skor tertinggi didapat pada aspek persiapan, yaitu sebesar 3,50. Aktivitas siswa selama KBM lebih dominan menekankan pada proses belajar siswa, aktivitas afektif dan aktivitas motorik siswa. Hasil belajar kognitif siswa tuntas 100%, respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru sangat baik dan siswa sangat menghargai apa yang guru lakukan untuk siswa.  Sedangkan kendala yang ditemui selama pembelajaran adalah kurang mampunya guru dalam mengelola waktu selama pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: deskriptif, STAD, penerapan, tumbukan.

 

Abstract

A study on the application type STAD cooperative learning in order to describe the learning outcomes of students after implementation type STAD cooperative learning in class XI High School Wahid Hashim IV Waru Sidoarjo using the one shot case study research. Based on the research conducted, the results obtained are very satisfactory. Management of the learning process in all aspects went well, judging from observations of learning management with the highest score obtained in the aspect of preparation, that is equal to 3.50. Activities of students during a lecture more dominant emphasis on student learning, affective activity and motor activity of students. Cognitive learning outcomes of students completed 100%, student response to learning that teachers do very well and the students really appreciate what teachers do for students. While the obstacles encountered during the study was an unqualified teacher in managing time during the lesson.

Keywords: descriptive, STAD, implementation, impact.
Published
2013-11-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 20