Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs

  • Novita Sari

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro diketahui bahawa selama ini pembelajaran berpusat pada siswa. Oleh sebab itu peneliti, peneliti mencoba menerapkan suatu pembelajaran melalui model pengajaran langsung dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pengajaran langsung dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan perpindahan kalor di kelas VII MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro . penelitian ini menggunakan desain True eksperimental design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro yang berjumlah lima kelas . sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (VII-A, VII-C, VII-D) dan satu kelas kontrol (VII-E) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pengajaran langsung dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan perpindahan kalor di kelas VII MTs darul ulum nglumber kepohbaru Bojonegoro.
Kata Kunci:Pengajaran langsung, metode eksperimen, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan perpindahan kalor
Abstract
Based on the result of observations by reseachers at MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro known that all these years student have difficulty in doing the experiment. Because of that researcher, research is to describe the influence on the model of teaching direct of the experimental methods are against students achievement amd critical thingking on any material displacement heat transfer. This researchusing design “ True experimental design”. The population of research is all the students class VII MTs Darul Ulum Nglumber Kepoh baru Bojonegoro which consisted of five classes. A sample of research consisting of the three classes his experiments ( VII-A, VII-C, VII-D ) and one class of control ( VII-E ) . Outcomes research shows that the implementation of the experimental methods are on the model of teaching can directly improve performance and critical thingking students on any material displacement heat engine in MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro.
Kata Kunci: Teaching direct, The experimental methods, Critical Thingking, Learning achievement,
and Transfer of heat.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 20