PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN BAHAN KIMIA DI RUMAH TANGGA UNTUK KELAS X SMALB-B KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK (DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET (LKS) ORIENTED PROCESS SKILLS ON THE SUBJECT CHEMI

  • DIAN Mustikasari MUSTIKASARI Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang layak untuk siswa kelas X SMALB-B Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D). sumber data diperoleh dari dosen kimia, dosen PLB, guru mata pelajaran IPA, dan 12 siswa SMALB-B Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Instrumen penelitian terdiri atas lembar telaah, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa untuk mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan ditinjau dari kriteria isi, kebahasaan, penyajian, kesesuaian dengan keterampilan proses, dan respon siswa berturut-turut sebesar 93%; 93%; 84%; 85%; dan 70%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: LKS, Keterampilan Proses, Tunarungu.

The aims of this research are produce a decent student worksheet for students of class X SMALB-B Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Type of research is the development with the research design R&D (Research and Development). Sources of data obtained from the lecturer in chemistry, lecturer in PLB, teachers of science subjects and 12 students SMALB-B Kemala Bhayangkari 2 Gresik. The research instrument consisted of sheets of the study, validation sheet, and sheets of student responses to determine the feasibility of the developed student worksheet. The results showed that the feasibility in terms of the criteria of content, language, presentation, suitability with process skills, and student responses were 93%, 93%, 84%, 85% and 70% respectively. This shows that the student worksheet improperly to use in the learning process.

Key words: Student Worksheet, Process Skills, Deaf.

Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 44