LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDENT WORKSHEET CONTEXTUAL BASED TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL)

  • NAILIS SAMAHAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dan mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan secara aktif dan berkelanjutan. Pengembangan lembar kegiatan siswa sebagaimana bahan ajar lainnya diperlukan untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa dan sasaran yang dituju pada akhir pembelajaran. Pengembangan LKS yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis memerlukan pendekatan yang sesuai. Salah satu pendekatan yang sesuai dalam memecahkan masalah daya pikir kritis adalah melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D, namun terbatas pada tahap uji coba terbatas. Berdasarkan uraian hasil penelitian, diperoleh bahwa 94,45% siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan nilai gain score sebesar 0,21 untuk keterampilan analisis, dan 0,23 untuk keterampilan inferensi.

Kata Kunci: LKS, Pendekatan Kontekstual,Keterampilan Berpikir Kritis.

This study aims to determine students' response to student worksheet developed, and knowing the critical thinking skills of students after learning using student worksheet developed. Critical thinking skills need to be trained to actively and sustainably. Development of student worksheet as other instructional materials needed to adapt to the characteristics of students and the intended target at the end of the lesson. LKS development which aims to train critical thinking skills requires an appropriate approach. One approach is appropriate in solving critical thinking is through contextual approach. This study research design R & D, but limited to a limited test phase. Based on the description of the results of the research, found that 94.45% of students responded positively to LKS developed. Critical thinking skills have increased the value of gain score of 0.21 for analytical skills, and 0.23 for inference skills.

 

Keywords: Student Worksheet, Contextual Approach, Critical Thinking Skill.  

Published
2016-02-11
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 48