PENGEMBANGAN PERMAINAN DART PERIODIC BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (DEVELOPMENT DART PERIODIC GAME BASED ON COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) AS A LEARNING MEDIA ON PERIODIC SYSTEM OF ELEMENT)

  • LINA ROSYIDAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan permainan Dart Periodic berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) yang dikembangkan sebagai media pembelajaran materi Sistem Periodik Unsur. Kelayakan permainan ditinjau dari kriteria yaitu (1) kevalidan yang ditentukan dari hasil validasi permainan, (2) kepraktisan yang ditentukan dari hasil observasi aktivitas siswa, dan (3) keefektifan yang ditentukan dari hasil angket motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan desain Research and Development (R&D). Dibagi menjadi 2 tahap yaitu (1) tahap pendahuluan terdiri dari potensi dan masalah dan perencanaan (2) tahap pengembangan terdiri dari pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, dan ujicoba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Dart Periodic berbasis CAI layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dari hasil persentase penilaian rata-rata sebesar 81,77% berdasarkan kevalidan. Dikategorikan praktis berdasarkan kepraktisan yaitu perolehan hasil obeservasi aktivitas siswa sebesar 82,29%. Sedangkan keefektifan dinyatakan efektif dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 83,63% dan hasil belajar dikatakan tuntas 100% dari KKM. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan Dart Periodic berbasis CAI layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur.

Kata Kunci:  Permainan Dart Periodic, CAI, Media Pembelajaran, Sistem Periodik Unsur.            

The purpose of this study was to determine the feasibility of the Dart Periodic game based on computer assisted instruction as a media learning. The feasibility evaluated from the criteria of validity, practically,and effectiveness. Type of study used is development of the Research and Development design (R&D). The method of R&D consists two stages: (1) a preliminary stage consists of field studies and information collecting, planning, (2) a development stage consists of develop the product, preliminary field testing, product revision, and main field testing. Results of this study show the Dart Periodic game based on computer assisted instruction is feasible used as a learning media. While the percentage of the validity obtained 81,77% based on the result of game validation. The criteria of practically obtained 82,29% based on the student activity observation. The effectiveness showed the score of 83,63% from the questionnaire result of student learning motivation and determined from the completeness of the study result above the criterium score at school achieved a value 100%. This study showed the Dart Periodic based on computer assisted instruction was feasible used as a learning media for the subject matter of element periodic system.

Keywords: Dart Periodic game, computer assisted instruction,learning media, periodic system of element.  

Published
2016-02-11
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 55