PENGEMBANGAN PERMAINAN PAC CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA KIMIA (DEVELOPMENT OF PAC CHEMISTRY GAME AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA IN CHEMICAL NOMENCLATURE)

  • ERNA FITRIANY

Abstract

Penelitian jenis pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan pac chemistry yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi Tata nama senyawa kimia Kelas X SMA yang didasarkan pada aturan IUPAC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan hingga uji coba terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Waru Sidoarjo dan di uji cobakan secara terbatas kepada 15 siswa di kelas XI MIA-7. Kelayakan permainan pac chemistry ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan didapatkan dari hasil validasi, kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon siswa, dan keefektifan didapatkan dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan  bahwa permainan pac chemistry layak, dibuktikan dengan data persentase validasi isi sebesar 86,67%; validasi konstruk sebesar 81,1%; efektivitas permainan pac chemistry yang diperoleh dari hasil belajar siswa dengan skor gain rata-rata ≥0,7 dengan predikat tinggi dan 100% siswa tuntas secara klasikal; dan data kepraktisan berdasarkan angket respon siswa dengan persentase rata-rata sebesar 96,13%.

Kata Kunci:  Permainan pac chemistry dan tata nama senyawa kimia

The aims of this development research are to know about the  feasibility of Pac chemistry game which developed as instructional media in chemical nomenclature based IUPAC rule for X grade Senior High School. This study uses Research and Development (R&D) method which limited to the activities of product trials.this study have been done in SMAN 1 Waru Sidoarjo and be tested is limited to 15 students in class XI MIA-7. Feasibility of pac chemistry game is obtain by the aspect of validity, practically, and effectiveness. Validity  obtained from the validation of this game, practicality  obtained from the student questionnaire responses, and effectiveness obtained from the result of students outcomes. The results of this research shows that pac chemistry game is feasible, evidenced by the percentage of validation of the content by percentage of 86,67%; construct validation of 81,1%; the effectivenes of pac chemistry game that derived from student learning outcomes with an average score of gain ≥0,7 and completed 100% of students in classical learning outcomes; and practically data is based on questionnare responses of students with an average percentage of 96,13%.   

Keywords: Pac Chemistry Game and Chemical Nomenclatute  

Published
2016-02-11
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 62