KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA DOMAIN MENGEVALUASI (STUDENT’S METACOGNITIVE SKILL IN SOLVING CHEMICAL PROBLEM: SUBJECT MATTER OF THE REACTION RATE ON EVALUATING DOMAIN)

  • HIMATUL ALIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan permasalahan kimia materi pokok laju reaksi pada domain mengevaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA 6 SMAN 17 Surabaya yang dibagi kedalam tiga kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data penelitian diperoleh dari dokumen hasil tes tulis dan wawancara. Data penelitian tersebut dianalisis dan diuji keabsahannya dengan menggunakan triagulasi metode. Hasil penelitian menunjukan aktivitas metakognitif yang dilakukan kelompok tinggi lebih bervariasi daripada kelompok sedang dan rendah. Kelompok tinggi melakukan aktivitas planning, monitoring, dan reflection. Kelompok sedang dan rendah tidak melakukan aktivitas reflection. Kelompok tinggi melakukan aktivitas metakognitif dengan indikator: berpikir/ membaca/ menulis apa yang diketahui (P-1), menetapkan tujuan (P-2), merencakan suatu representasi rumus untuk mendukung pemahaman (P-5), menggunakan aturan rumus (M-2), memantau sesuatu yang dianggap salah seperti penulisan, gambar, rumus/ struktur molekul, dll (M-3), memantau dengan cermat dalam pemecahan masalah (M-4), dan memantau dengan berargumentasi (M-5), dan merefleksi pada konsep/tujuan apakah telah tercapai (R-1). Kelompok sedang dan rendah melakukan  aktivitas metakognitif dengan indikator: (P-1), (P-2), (P-5), dan (M-2).

Kata Kunci: ketrampilan metakognitif, domain mengevalusi

This study is aimed to describe and analyze student’s metacognitive skill in solving the chemical problems, espessially in the subject matter of the reaction rate on evaluating domain. The subjects of this study were students of class XI-MIA 6 SMAN 17 Surabaya were divided to be 3 groups;  upper, middle, and lower groups. This study is a qualitative research with data were obtained through the written test documents and interviews. The research data were analyzed and testes its validity by using triangulation method. The results showed that metacognitive activities of the upper group more varied than the middle and the lower groups. The upper group using planning, monitoring, and reflection activities. The middle and the lower groups were not using reflection activities. The upper group performed metacognitive activities with indicators: thinking /reading, writing what one knows (P-1), determining goals (P-2), planing a representation formula to support understanding (P-5), using formula rules (M-2), monitoring something that is considered one, like writing, drawring, molecular formula/ structure, and others (M-3), monitoring carefully in problem solving (M-4), and monitoring by arguing (M-5),and  reflecting on the concepts/objectives have been achieved (R-1). The middle and lower groups performed metacognitive activities with indicators  (P-1), (P-2), (P-5) and (M-2). 

Keywords: metacognitive skill, evaluating domain

Published
2016-06-28
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 202