PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DENGAN MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM-BASA (THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE BY PROVIDE TRAINING METACOGNITIVE SKILLS TO ACHIVE MASTERY LEARNING OUTCOME ON ACID-BASE MATERIAL)

  • BUNGA KUSWANDINI PUTRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi asam-basa, keterampilan metakognitif siswa, hasil belajar siswa dan hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar. 30 siswa kelas XI-MIA 1 SMAN Kesamben merupakan subjek penelitian ini. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan rancangan “One Shoot Case Study”. Hasil penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran pada tiga kali pertemuan setiap komponennya masuk dalam kategori Baik dan Sangat Baik. Keterampilan metakognitif yang diperoleh tiap siswa mencapai skor ³3, dalam kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mempunyai rentang skor 3,15-3,64 dalam kriteria B sampai dengan A-, dan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar adalah sebesar 0,9079, dalam tingkat hubungan sangat kuat.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share, Metakognitif, Hasil Belajar.

This study aims to examine the implementation of cooperative learning Think-Pair-Share on acid-base material, metacognitive skills of students, student learning outcomes and relationship metacognitive skills with student learning outcomes.This subject of research is 30 students in grade XI-MIA 1 SMAN Kesamben. This research use is a quasi experimental design with “One Shoot Case Study”. The result were obtained implementation of learning in three meetings each component include in the category of good and very good. Metacognitive skills obtained by each students get ³3 in both categories. Mastery learning outcomes have arange of values from 3,15-3,64 in criteria B to A-, the clasical completeness acquared 100%. Relationship metacognitive skills and learning outcomes amounted 0,9079 the degree of correlation very strong.

Keywords: Cooperative learning Think-Pair-Share, Metacognitive, learning outcomes.  

Published
2016-06-28
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 30