PENGEMBANGAN LKS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA (DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET TO TRAIN STUDENTS SCIENCE PROCESS SKILLS WITH LEARNING CYLE 5E MODEL IN ACID BASE MATTER)

  • DIAN AVINA TURJA SOFFA

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berorientasi model learning cycle 5E untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa dan respon siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D yang dilakukan terbatas sampai langkah ketujuh yaitu uji coba produk. Tahap uji coba produk dilakukan secara terbatas pada 15 siswa SMA Ta’miriyah kelas XI IPA. Kriteria kelayakan LKS yang dikembangkan ditinjau berdasarkan isi, penyajian, kegrafikan, kesesuaian dengan learning cycle 5E dan keterampilan proses sains. LKS yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dengan persentase masing-masing kriteria yaitu, kriteria isi untuk LKS 1: 77,78%, LKS 2: 75,56%, dan LKS 3: 82,22%. Kriteria penyajian untuk LKS 1: 77,78%, LKS 2: 84,44%, dan LKS 3: 80%. Kriteria kegrafikan untuk LKS 1: 83,33%, LKS 2: 83,33%, dan LKS 3: 83,33%. Kriteria kesesuaian dengan learning cycle 5E untuk LKS 1: 77,78%, LKS 2: 82,22%, dan LKS 3: 84,44%. Kriteria keterampilan proses sains untuk LKS 1: 74,6%, LKS 2: 82,54%, dan LKS 3: 79,37%. Hasil tersebut didukung hasil angket respon siswa yaitu kriteria isi sebesar 76,67%, kriteria penyajian sebesar 86,67%, kriteria kegrafikan sebasar 90%, keriteria kesesuaian dengan Learning cycle 5E sebesar 94,67%, dan kriteria keterampilan proses sains sebesar 93,33%.

Kata Kunci: LKS, model learning cycle 5E, keterampilan proses sains, materi asam basa.

This research aimed to known the feasibility of worksheet oriented on learning cycle 5E model to train student scientific process skills in acid base matter and students response after testing of worksheet have been develop. This research used R&D method definite until seven steps was tested the product. Product test steps did for 15 students Ta’miriyah Senior High School, Grade XI Sains. The feasibility criteria of worksheet were contents, presentation, layout, conformity with learning cycle 5E model and science process skills. The worksheet has been filling the feasibility and can used to study with percentage each criteria were, contents criteria for worksheet 1: 77,78%, worksheet 2: 75,56%, and worksheet 3: 82,22%. Presentation criteria for worksheet 1: 77,78%, worksheet 2: 84,44%, dan worksheet 3: 80%. Layout criteria for worksheet 1: 83,33%, worksheet 2: 83,33%, dan worksheet 3: 83,33%. Conformity with learning cycle 5E model for worksheet 1: 77,78%, worksheet 2: 82,22%, dan worksheet 3: 84,44%. Conformity with science process skills criteria for worksheet 1: 74,6%, worksheet 2: 82,54%, dan worksheet 3: 79,37%. The result supported the students questionnaire respose result with percentage of contents criteria is 76,67%, presentation criteria is 86,67%, layout criteria is 90%, conformity with learning cycle 5E model is 94,67%, and conformity with science process skills criteria is 93,33%.

Keywords:students worksheet, learning cycle 5E model, science process skill, acid base matter.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 110