PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI SMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (DEVELOPMENT OF MEDIA SNAKES AND LADDERS GAME ON HYDROCARBON COMPOUND XI GRADE SENIOR HIGH SCHOOL TO IMPROVE UNDERSTANDING THE CONCEPT OF STUDENTS)

  • AMILIA PRAMITA

Abstract

Penelitian jenis pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari permainan ular tangga kimia yang dikembangkan sebagai media pada materi senyawa hidrokarbon Kelas XI SMA.Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Plomp yang dilakukan hingga uji coba terbatas.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo dan di uji cobakan secara terbatas kepada 12 siswa di kelas XI MIA-5.Kelayakan dari permainan ular tangga kimia ini dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Kevalidan didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon siswa dan hasil observasi aktivitas siswa selama menggunakan permainan ular tangga, serta keefektifan didapatkan dari hasil pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa permainan yang dikembangkan yaitu ular tangga layak, dibuktikan dengan data persentase validasi isi sebesar 85%; validasi konstruk sebesar 93%; kepraktisan permainan ular tangga berdasarkan angket respon siswa dengan persentase rata-rata sebesar 93%; observasi aktivitas siswa dengan persentase aktivitas siswa yang relevan lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas siswa yang tidak relevandan efektivitas berdasarkan pemahaman konsep siswa dengan skor gain rata-rata0,7 dengan kategori tinggidan 83% siswa tuntas secara klasikal.

Kata Kunci: Permainan ular tangga, senyawa hidrokarbon dan pemahaman konsep siswa

The aims of this development research are to know about the  feasibility of snakes and ladders chemistry game which developed as instructional media in hydrocarbon compound for XI grade Senior High School. This study uses a development method Plomp which limited to the activities of product trials. This study have been done in SMAN 1 Wonoayu  Sidoarjo and be tested is limited to 12 students in class XI MIA-5.Feasibility of snakes and ladders chemistry game is obtain by the aspect of validity, practically, and effectiveness.Validity  obtained from the validation from lecturer and teacher, practicality obtained from the student questionnaire responses and activity students for using snake and ladders chemistry game, and effectiveness obtained from the result of understanding the concept of students. The results of this research shows that snake and ladders chemistry game is feasible, evidenced by the percentage of validation of the content by percentage of 85%; construct validation of 93%; practically is based on questionnare responses of students with an average percentage of 93% and the percentage of the relevant student activity higher than the activity of student who are not relevant;and the effectivenes that based from understanding the concept ofstudents with an average score of gain 0,7 with high category and 83% of students in classical learning outcomes.

Keywords:   Snakes and Ladders Game, Hydrocarbon Compound, and Understanding The Concept of Students.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 718
PDF Downloads: 907