PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PRAKTIKUM KIMIA SEDERHANABERBASIS INKUIRITERBIMBING UNTUK KELAS XI (DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET SIMPLE CHEMISTY LAB ORIENTED BYGUIDED INQUIRY FOR XI GRADE)

  • REKA AYU ANGGRAENI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa praktikum kimia sederhana berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI yang dilihat dari kevalidan melalui hasil validasi, kepraktisan melalui melalui respon siswa terhadap LKS yang didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa, dan keefektifan melalui hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D) yang dibatasi sampai tahap uji coba terbatas. Uji coba dilakukan pada 12 siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan valid ditinjau dari kriteria isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan memperoleh persentase berturut-turut sebesar 81,67%, 84,17%, 84,45% dan 84,34%. Efektif  ditinjau dari respon siswa terhadap masing-masing kriteria yaitu kriteria isi sebesar 93,05%, kriteria bahasa 97,92%, kriteria sajian 91,67%, kriteria kegrafikan sebesar 95,84% yang didukung hasil observasi selama tahap uji coba LKS dengan persentase sebesar 98,29%. Keefektifan yang ditinjau dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan rata-rata sebesar 91,67%.

Kata Kunci:Lembar kegiatan siswa, praktikum kimia sederhana, inkuiri terbimbing.

The study is aimed to know the feasibility of worksheetsimple chemisty lab oriented by guide inquiry for XI grade seen of validity by validation result, practically by students’ responses to the worksheet that developed and supported by the observation of student activity, and effectiveness by student learning outcomes. This study is development research that used Research and Development (R&D) design that limited to product trial step. Trials conducted to 12 students in grade XI MIA 2 SMA Negeri 17 Surabaya.The reseacrh instruments used include sheets of examine, validation sheet, questionnaire responses of students, observation of student activity, student achievement test. The data that result from the study are analyzed by descriptive quantitative to know the worksheet validity, practically,effectiveness. This study result is showed that the worksheet is valid seen of criteria content, language, presentation and graph in a series are 81,67%, 84,17%, 84,45%  and 84,34%. Effective from the Results of student responses  for each criteria, they are content 93,05%, language 97,92%, presentation 91,67% and graph 95,84% is supported by the observation of student activity showed with persentase 98,29%. Effectiveness look for Results of students learning showed average 91,67%.

Keywords:Students worksheed, simple chemisty lab, guide inquiry.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 66