PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI POKOK BAHASAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI MELALUI PENDEKATAN SCAFFOLDING

  • EREN FAHRUCHA R Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS pada pokok bahasan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi melalui pendekatan scaffolding kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian (Define) yang terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran 2) tahap perancangan (Design) 3) tahap pengembangan (Develop). Sasaran penelitian ini adalah LKS Kimia pada materi pokok Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Kelayakan LKS ditinjau dari 4 aspek yaitu kelayakaan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian dan kelayakan kesesuaian dengan pendekatan scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan scaffolding yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi reviewer mendapat persentase penilaian pada kelayakan isi sebesar 81,25% (layak), kelayakan kebahasaan sebesar 77,78% (kuat), kelayakan penyajian sebesar 71,42% (kuat) dan kelayakan kesesuaian dengan pendekatan scaffolding sebesar 83,33% (sangat kuat). Hasil analisis data respon siswa dapat diketahui bahwa LKS  dengan scaffolding yang dikembangkan mempunyai penyajian, bahasa dan ketertarikan LKS memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 93,05% (sangat kuat).

 

Abstract: The purpose of this research was to know the feasibility of Student Worksheet of the Factors Influencing Reaction Rate by means of scaffolding approach in the 11th grade. This research was the developmental research referred to 4-D model according to Thiagarajan. This research was confined to three stages, namely 1) defining stage (Define) consisted of fore tip analysis, student analysis, task analysis, concept analysis, and instructional goal formulation; 2) designing stage (Design); 3) developmental stage (Develop). The target of this research was the Chemistry Student Worksheet on the basic material of factors influencing reaction rate. The feasibility of Student Worksheet was reviewed from 4 aspects, namely, content feasibility, linguistic feasibility, presentation feasibility and conformity feasibility by means of scaffolding approach. The results of this research indicated that the Student Worksheet with scaffolding approach developed was feasible to use as student instructional source. This case was indicated from the validation results, the reviewer got the assessment percentage in the content feasibility was of 81.25% (feasible), linguistic feasibility was of 77.78% (strong), presentation feasibility was of 71.42% (strong) and conformity feasibility with scaffolding approach was of 83.33% (very strong). Of the results of student respondent data it could be known that the Student Worksheet with scaffolding developed had the presentation, language, and attractiveness of student Worksheet got the positive responses with percentage of 93,5% (very strong).

 

Kata Kunci : LKS scaffolding, sumber pembelajaran, faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi, kelayakan

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 313
PDF Downloads: 372