PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (THE APPLICATION OF VIRTUAL LABORATORY MEDIA (PhET) AT REACTION RATE SUBJECT USING DIRECT INSTRUCTION MODEL)

  • EKO SUMARGO

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media laboratorium virtual (PhET) pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar siswa. Selain itu diteliti juga kelayakan perangkat pembelajaran yang digunakan, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu random  pre-test post-test design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Ploso Jombang. Penelitian ini mengambil 20 orang siswa tiap kelas. Hasil belajar yang dibandingkan adalah perbedaan rata-rata nilai pretes dan rata-rata nilai postes. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik t (α = 5%) . Kemampuan guru mengajar dan aktivitas siswa selama pembelajaran diamati oleh seorang pengamat. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: soal pretes-postes, lembar angket dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretes dan postes pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Namun tidak ada perbedaan yang signifikan jika dibandingkan perubahan pretes ke postes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sementara perangkat pembelajaran dinyatakan layak oleh validator dengan kelayakan 90% untuk RPP dan LKS dinyatakan valid oleh validator. Keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik mendapatkan skor 74,46% dari skor maksimum. Aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan tinggi. Pendapat siswa tentang pembelajaran didapatkan sejumlah 87,72% siswa mengatakan media PhET adalah hal baru. 

Kata kunci : Virtual, PhET, model pengajaran langsung

There was done experiment to knew an influence of application of PhET virtual laboratory at reaction rate topic  to student achievement. There was done also appropriateness of learning sets, how was reach learning process, how were student activity, and how were student opinion about learning process. Type of this experiment was experimental research. Design of experiment were random pre-test and post-test. The experiment taken place at SMA Negeri Ploso Jombang. The student achievement that compare were pretest mean and postest mean. Statistic t test was used. Experiment equipments were pretest-postest task, observation of reach learning process and student activity list, and survey of student opinion about learning process. According data analyzed, it was shown that there was significant difference of t test (α = 5%) between mean pretest and postest. But there was not significant difference of t test between experiment class and control class. And than lesson plan got 90% score from assessor and student work sheet was declared valid by assessor. Learning process accomplished got 74,46% from maximum score. Student activity during learning process was hight. There were 87,72% of students said that PhET was new thing for them.

Keywords: Virtual, PhET, direct instruction model

Published
2014-02-05
Abstract Views: 1611
PDF Downloads: 1872