PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG KELAS X-AK SMK MUHAMMADIYAH 1 TAMAN
Abstract
Teknologi khususnya komputer saat ini banyak dimanfaatkan praktisi pendidikan sebagai media pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari materi, terutama materi yang dianggap siswa sulit seperti jurnal penyesuaian perusahaan dagang dalam pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6, mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dan mengetahui respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan (4D Models) yaitu Define, Design, Develope dan Disseminate. Namun pada pengembangan ini hanya terbatas sampai pada tahap Develope. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket terbuka, angket tertutup dan lembar observasi. Media ini diujicobakan kepada 20 orang siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Taman. Berdasarkan angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa diperoleh kriteria sangat layak sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis Adobe Flash CS6, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 490