PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI POKOK PENGGUNAAN JURNAL KHUSUS DI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Di dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, bahan ajar yang inovatif merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Namun fenomena yang terjadi di lapangan adalah banyak bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tidak inovatif dan tidak sesuai digunakan di dalam Kurikulum 2013. Bahan ajar yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul berbasis Scientific Approach yang sesuai dengan pembelajaran Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis Scientific Approach, menganalisis kelayakan modul berbasis Scientific Approach, dan menganalisis respon siswa terhadap modul berbasis Scientific Approach. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Thiagarajan, yaitu 4D (Four D Models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini tidak melakukan tahapan tahap penyebaran (disseminate) dikarenakan beberapa keterbatasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul berbasis Scientific Approach pada materi pokok penggunaan jurnal khusus yang dikembangkan sangat layak dengan presentase sebesar 84,43% berdasarkan penilaian kelayakan dari para ahli. Sedangkan dari hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung, respon siswa menunjukan respon sangat baik dengan presentase 86,25%.
Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Jurnal Khusus.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 87