PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI POKOK PENGGUNAAN JURNAL KHUSUS DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

  • IMROATUR ROSIDA

Abstract

Di dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, bahan ajar yang inovatif merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Namun fenomena yang terjadi di lapangan adalah banyak bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tidak inovatif dan tidak sesuai digunakan di dalam Kurikulum 2013. Bahan ajar yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul berbasis Scientific Approach yang sesuai dengan pembelajaran Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis Scientific Approach, menganalisis kelayakan modul berbasis Scientific Approach, dan menganalisis respon siswa terhadap modul berbasis Scientific Approach. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Thiagarajan, yaitu 4D (Four D Models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini tidak melakukan tahapan tahap penyebaran (disseminate) dikarenakan beberapa keterbatasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul berbasis Scientific Approach pada materi pokok penggunaan jurnal khusus yang dikembangkan sangat layak dengan presentase sebesar 84,43% berdasarkan penilaian kelayakan dari para ahli. Sedangkan dari hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung, respon siswa menunjukan respon sangat baik dengan presentase 86,25%.

Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Jurnal Khusus.

Published
2015-07-31
How to Cite
ROSIDA, I. (2015). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI POKOK PENGGUNAAN JURNAL KHUSUS DI SMK NEGERI MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12561
Section
Article
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 87