PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA DI KELAS XI PERBANKAN SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK
Abstract
Lembar Kerja Siswa merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa, untuk menganalisis kelayakan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan, dan untuk menganalisis respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa di kelas XI Perbankan SMK Assa’adah Bungah Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate), tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon siswa. Lembar telaah digunakan untuk memperoleh saran perbaikan atas yang dikembangkan, lembar validasi digunakan untuk menilai Lembar Kerja Siswa dari para ahli dan guru mata pelajaran akuntansi sedangkan angket respon siswa digunakan untuk menilai Lembar Kerja Siswa dari tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa memperoleh validasi sebesar 85,1% dengan kategori sangat layak, sedangkan dari angket respon siswa memperoleh hasil sebesar 84,8% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 198