PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NU GRESIK

  • FANDI KURNIAWAN

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK NU Gresik. Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata aktivitas guru pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata 2,67 dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,79 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa, yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 2,14 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS.

 

Kata kunci :  Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, menyusun laporan keuangan, hasil belajar siswa.

Published
2014-08-25
How to Cite
KURNIAWAN, F. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NU GRESIK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9430
Section
Article
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 67