PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU BERJENDELA SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI JURNAL KHUSUS
Abstract
Materi siklus akuntansi perusahaan dagang yang memuat materi jurnal khusus di SMK Negeri 1 Sooko hanya memuat sedikit penjelasan mengenai jurnal khusus, sehingga dalam pembelajaran masih bersumber dari guru. Sedangkan pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri, baik secara personal maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar buku berjendela sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal khusus di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Kelayakan bahan ajar buku berjendela ditinjau dari 4 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku berjendela yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Buku berjendela, Scientific approach, Jurnal khusus
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 471