PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU BERJENDELA SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI JURNAL KHUSUS

  • ELVAS SUGIANTO EFENDHI

Abstract

Materi siklus akuntansi perusahaan dagang yang memuat materi jurnal khusus di SMK Negeri 1 Sooko hanya memuat sedikit penjelasan mengenai jurnal khusus, sehingga dalam pembelajaran masih bersumber dari guru. Sedangkan pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri, baik secara personal maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar buku berjendela sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal khusus di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Kelayakan bahan ajar buku berjendela ditinjau dari 4 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku berjendela yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Buku berjendela, Scientific approach, Jurnal khusus

Published
2014-08-25
How to Cite
SUGIANTO EFENDHI, E. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU BERJENDELA SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI JURNAL KHUSUS. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9434
Section
Article
Abstract Views: 331
PDF Downloads: 471