STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN STAD

  • TANAKA INKORERY FEBRINA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang model pembelajaran kooperatif  tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen (Eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI AK 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas adalah  38 siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa aspek kognitif dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).

 

Kata kunci: Team Accelerated Instruction, Hasil Belajar Siswa

 

 

Published
2014-08-25
How to Cite
INKORERY FEBRINA, T. (2014). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN STAD. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9435
Section
Article
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 37