PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR di KELAS X APK-1 SMKN 1 BOJONEGORO

  • MEIRLYN JALMAV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK N 1 Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012 dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat mengelola peralatan kantor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitiannya siswa kelas X APK 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setelah melakukan penilitian dan menganalisisnya maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut: nilai rata-rata aktivitas guru pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 2,07 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3.00 sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa di tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,15 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3,00. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 15% pada siklus II sebesar 84%.

Keywords: contextual teaching and learning (CTL), model pembelajaran langsung

Published
2013-02-04
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 41