PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ASURANSI JIWA PRUDENTIAL CABANG KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v3n3.p%25pAbstract
Keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Namun, manusia tidak bisa secara mutlak terhindar dari sakit. Dampak dari sakit tidak hanya beresiko pada fisik tetapi kerugian ekonomi seperti biaya pengobatan yang dapat meningkat sewaktu-waktu. Oleh karena itu, kejadian tersebut dapat diasuransikan melalui asuransi kesehatan. Persaingan antar perusahaan asuransi yang sangat ketat akan menciptakan suatu kondisi di mana produk dan fasilitas yang ditawarkan relatif sama, sehingga persaingan yang terjadi bukan hanya pengembangan produk dan fasilitas tetapi juga layanan agar tercipta kepuasan pelanggan. Sebagai perusahaan jasa, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan asuransi Prudential mempertahankan hubungan dengan pelanggannya menggunakan konsep relationship marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel relationship marketing yang terdiri dari ikatan, empati, timbal balik dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan asuransi Prudential cabang Kota Surabaya yang pernah mengklaim karena mengalami sakit. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan sampel sebanyak 83. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel ikatan, empati, timbal balik dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan asuransi Prudential cabang Kota Surabaya.
Kata Kunci: relationship marketing, kepuasan pelanggan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

